Berawal dari Kepedulian, Stasya Bwarlele Buka Usaha Kuliner saat Pandemi

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 19 Agu 2021 16:20 WIB
Stasya Bwarlele buka bisnis di tengah pandemi COVID-19
Stasya Bwarlele membangun bisnis di tengah pandemi COVID-19 justru membuka lapangan pekerjaan Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Tidak selamanya pandemi COVID-19 mematikan perekonomian. Ada kemauan bisnis tetap bisa jalan seperti yang dilakukan oleh selebgram Stasya Bwarlele.

Stasya Bwarlele bersama dengan Sigit Budi Santoso membuka usaha kuliner di tengah pandemi COVID-19. Berawal dari iseng-iseng masak di kosan, Stasya Bwarlele dan Sigit kini bisa membuka eSBe Kitchen.

Buka bisnis di tengah pandemi COVID-19 nyatanya bisa membantu mereka yang kehilangan pekerjaan. Stasya dan Sigit memberikan lapangan pekerjaan.

"Dua tahun lalu tuh kita iseng-iseng masak-masak biasa di kosan dan cobain sama teman-teman, kita bagiin. Dan ternyata pada suka sama masakan kita dan mikir kenapa nggak coba bikin usaha makanan ya. Cuma mikir lagi siapa yang masak. Jadi awalnya karena asas kepedulian, kita buka bisnis kuliner," buka Sigit ditemui di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Awalnya kita coba-coba dulu kan, akhirnya kita buka Esbe Kitchen, awalnya online sejak tahun 2019 akhir," sambung Stasya Bwarlele.

Ketika pandemi COVID-19, pesanan yang didapat oleh mereka justru mendapat lebih banyak pesanan. Pesanan-pesanan makanan itu untuk saling berbagi.

"Kita ikut donasi kasih makanan. Pas COVID lagi tingginya justru banyak yang pesan rice bowl untuk mereka donasikan dan kirimkan membantu yang terdampak COVID, bagi-bagi makanan. Kita juga bikin menu yang bisa dikirim ke luar Pulau Jawa," jelas Sigit.

Stasya Bwarlele buka bisnis di tengah pandemi COVID-19Stasya Bwarlele buka bisnis di tengah pandemi COVID-19 Foto: dok. Pribadi

Membuka bisnis yang juga bisa membantu sesama, membuat Stasya Bwarlele bersyukur. Justru meski pandemi masih berlanjut, Stasya tidak melakukan pengurangan karyawan.

"Aku beruntung punya teman-teman dan follower yang ikut promosikan. Aku ikut donasiin makanan dan ada yang nyumbang juga. Jadi memang awalnya karena asas membantu sesama dan kepedulian. Sampai sekarang kita masih bagi-bagi makanan setiap hari Jumat, Jumat Berkah," ungkapnya.

"Kita nggak ada pengurangan pegawai, malah kita tambah. Bersyukur banget karena bisa membantu orang dan buka lapangan pekerjaan. Apalagi mengingat kondisi pandemi saat ini ya. Setelah kita dua bulan barulah buka offline store ini dan sudah ada 7 pegawai. Doain ya biar tambah cabang supaya bisa membantu banyak orang lagi," ucap Stasya Bwarlele bersyukur.

Meski banyak selebgram yang juga buka bisnis kuliner, Stasya Bwarlele menganggap itu sudah menjadi jalan rezeki masing-masing.

"Kalau aku percaya rezeki sudah diatur sama Tuhan. Setiap orang punya rezeki masing-masing, yang penting kita kerja halal, berbisnis yang baik dan sehat. Yang penting kita berusaha supaya rezeki datang terus. Aku juga terbantu dengan adanya temen temen selebgram dan artis yang mau bantu promosikan. Saling support aja," tuturnya.

"Waktu kita masih online sebulan bisa Rp 60 jutaan omzetnya, di saat COVID. Bersyukur banget, cukuplah dengan segala jerih payah yang kita lakukan. Yang penting ada karena semuanya berawal dari yang kecil," tukas Stasya Bwarlele.



Simak Video "Cerita YouTuber Indonesia Ikut Antre untuk iPhone 11 di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)