Round Up

Pilihan Hidup Gita Savitri Tak Mau Punya Anak Jadi Kontroversi

Tim detikHOT - detikHot
Senin, 16 Agu 2021 22:02 WIB
hijabers gita savitri
Pilihan Hidup Gita Savitri Tak Mau Punya Anak Jadi Kontroversi. (Foto: Instagram)
Jakarta -

YouTuber Gita Saviitri membuat pernyataan kontroversial. Berkaitan dengan pilihan hidup, ia dan suaminya, Paul Andre Partohap, memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Dalam sebuah video di YouTube, Gita Savitra menjelaskan alasannya memilih childfree. Menurutnya, memiliki anak atau tidak itu adalah sebuah pilihan dalam hidup.

Menurutnya, memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar. Ia berpendapat sebaiknya harus ada rencana yang matang sebelum memutuskan memiliki anak.

Setelah itu, Gita Savitri mendapatkan banyak pertanyaan soal keputusannya tidak mau memiliki anak. Ada pertanyaan mengenai kemungkinan Gita Savitri hamil.

"Kak kalo seandainya tiba-tiba dikaruniai anak gimana perasaannya?" tanya seorang warganet.

Menurut Gita Savitri, kemungkinan itu selalu ia tutup. Ia bahkan dengan tegas memastikan hal tersebut tidak mungkin terjadi.

"Di kamus idup gue, 'tiba-tiba dikasih' is very unlikely (sangat tidak mungkin)," tegas Gita Savitri dalam sebuah unggahan Instagram Stories.

Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak memiliki anak. Hal tersebut sudah dilakukan Gita Savitri.

"IMO (Menurut pendapatku) lebih gampang gak punya anak daripada punya anak. Karena banyak banget hal preventif yang bisa dilakukan untuk tidak punya anak," ujar YouTuber yang kini masih tinggal di Jerman tersebut.

"This scenario is very very verrrrry unlikely to happen (Skenario ini sangat tidak mungkin terjadi)," tegasnya lagi.

Gita Savitri sadar keputusan itu tidak umum dilakukan, terutama oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ia mendapatkan banyak kritik atas hal tersebut.

Beberapa komentar yang masuk kepadanya beberapa kali ia tanggapi. Namun menurutnya, ada yang sebaiknya diabaikan saja.

"Kalo kontranya yang waras mah biasa aja. Kalo yang gak waras, yang udah nagging guilt-trip bawa-bawa agama, yang udah 'alaah sok idealis masak sik gak mau', ya gue tambah menikmati hidup dong," kata Gita lagi.

Tidak sedikit yang melemparkan kritik pedas tersebut adalah sesama wanita yang kebetulan juga sudah memiliki anak. Gita Savitri menilai hal itu terjadi mungkin karena netizen tersebut pusing dengan urusannya membesarkan anak.

"Karena dia sebenernya lelah, letih, lesu, dan tersiksa gitu mesti ngurus anaknya tapi ga mau ngaku makanya dengki. Kalo dianya happy dan content dengan pilihan hidup dia, yaitu beranak, gak akan ganggu orang yang gak mau beranak," tandasnya.

Gita Savitri menikah dengan Paul Andre Partohap pada 4 Agustus 2018 di Palembang. Wanita berusia 29 tahun tersebut juga dikenal sebagai penulis buku berjudul Rentang Kisah.

Gita Savitri saat ini tengah tinggal di Jerman. Ia berada di negara tersebut sejak lulus SMA.

(mau/dar)