Lukman Sardi Blak-blakan soal Pindah Agama

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 30 Jul 2021 08:25 WIB
Lukman Sardi saat promo film Gundala di kantor detikcom.
Lukman Sardi buka-bukaan soal pindah agama. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Lukman Sardi akhirnya buka-bukaan mengenai alasannya pindah agama. Semula banyak yang menduga jika Lukman Sardi pindah agama karena menikah dengan sang istri, Pricillia Pullunggono.

Padahal dikatakannya bukan sang istri yang menyebabkan dirinya berpindah keyakinan. Lukman Sardi mengatakan ada perjalanan panjang dan juga berliku yang dijalaninya sebelum akhirnya memutuskan memeluk agama lain.

Hal ini diungkapkan Lukman Sardi di Channel YouTube Daniel Mananta. Dalam tayangan yang berjudul Bukan karena Pricillia, Inilah Alasan Lukman Sardi Pindah Agama itu, semuanya dikupas habis.

Lukman Sardi semula mengatakan tidak mempermasalahkan jika menikah beda agama dengan Pricillia Pullunggono.

"Nggak pikiran kenapa beda ya beda (agama) nikah ya nikah aja," beber Lukman Sardi.

"Sebenarnya keluarga gue ya beda-beda, adik gue sendiri sudah memutuskan jadi Katolik. Ini hal yang sering gue lihat ada di sekitar gue," sambungnya.

Lukman Sardi mulai membuka perjalanan spiritualnya. Pemain film Laskar Pelangi itu mengatakan sosok kakeknya lah yang menjadi orang paling berpengaruh dalam hal ini.

"Sebenarnya opa gue yang paling nge-influence, gue ngerasa dia tuh orang yang jujur based on kasih, yang jadi uniknya waktu itu ada ulang tahun opa oma gue. Opa bikin tulisan perjalanan cinta mereka, khusus buat cucu opa gue bikin tulisan. Pas di gue, dia tulis talk about kasih esensi paling besar kamu harus mengasihi semua orang, itu kenapa but gue, gue merasa impact-nya gede buat gue," terang Lukman Sardi.

"Akhirnya gue berpikir gue melakukan perjalanan basically guemuslim gue tahu dan diajaribokapnyokap gue ya basic lah. Selama perjalanan itu timbul banyak pertanyaan, guru gue selalu mention orang di luar agama gue harus masuk neraka. Kan katanya Tuhan Maha Besar, gue jadi bertanya kenapa dan gue nggak pernah nemu jawaban yang pas," sambungnya lagi.

Pengakuan Lukman Sardi di halaman berikutnya.