Tom Cruise Keluar dari Scientology

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 24 Jul 2021 21:05 WIB
FILE - In this Tuesday, Oct. 13, 2020 file photo, actor Tom Cruise wears a face mask to prevent the spread of COVID-19 as he greets fans during a break from shooting Mission Impossible 7, along Romes Fori Imperiali avenue. Tom Cruise has launched an expletive-laden rant at colleagues on the set of his latest “Mission: Impossible” movie after he reportedly spotted two workers failing to abide by social distancing rules. In audio released Wednesday, Dec. 16 by the Sun tabloid, the 58-year-old Hollywood megastar can be heard warning that anyone caught not following the rules to stay at least 2 meters (more than 6.5 feet) away from others will be fired. (AP Photo/Andrew Medichini, file)
Tom Cruise keluar dari Scientology Foto: AP/Andrew Medichini
Jakarta -

Tom Cruise adalah salah satu mega bintang di Hollywood dengan lebih dari 40 judul film yang dibintanginya. Kehidupannya pun tak pernah jauh dari gosip namun jarang yang mengulas asal-usulnya tersebut.

Seperti nama asli aktor berusia 58 tahun tersebut. Tom Cruise merupakan nama panggung, ia lahir dengan nama asli Thomas Cruise Mapother IV.

Ia lahir dalam keluarga berkecukupan. Keluarganya pun kerap berpindah-pindah kota karena pekerjaan sang ayah, hingga akhirnya orangtuanya memutuskan bercerai saat Tom berusia 11 tahun.

Tom Cruise pun memilih tinggal bersama sang ibu di Glendale. Ia dikenal sebagai sosok yang menyukai olahraga, khususnya gulat. Bahkan Tom Cruise bercita-cita ingin menjadi pegulat profesional, namun impiannya itu sirna karena cedera yang didapatnya dalam sebuah pertandingan.

Kehilangan cita-cita, Tom Cruise pun memilih melakukan hal lainnya hingga tiba-tiba dirinya masuk dalam Hollywood lewat film Guys and Dolls. Hal itu jadi tantangan baru baginya dan ia pun merasa akting adalah tujuan hidupnya.

Tom Cruise pun memilih pindah ke Hollywood dan berjanji dirinya akan meraih sukses dalam jangka waktu 10 tahun. Keuletannya membuahkan hasil, tak sampai 10 tahun ia sudah meraup sukses.

Pada 1981, Tom mendapatkan peran utama di film Endless Love. Penampilan itu pun dipuji banyak sineas dan penikmat film hingga membuatnya terlibat dalam film box office lainnya seperti Top Gun hingga Mission Impossible. Ia pun menemukan pencariannya sendiri yakni melakukan adegan berbahaya dalam setiap film yang dilakoninya.

Tom Cruise kecil tumbuh dalam lingkungan agamis, ia bahkan sempat belajar untuk menjadi pendeta. Pada awal 90'an ia memilih untuk bergabung dengan Scientology melalui pernikahan pertamanya yakni dengan Mimi Rogers.

Ia pun merasa nyaman dengan ajaran tersebut, bahkan dirinya menjadi salah seorang pembicara dalam acara Scientology selama beberapa tahun. Namun Tom selalu menolak untuk menceritakan agamanya itu, bahkan dalam sebuah wawancara ia menunjukkan gestur berbeda saat dibahas oleh Matt Lauer pada 2005.

Scientology pun kembali jadi sorotan usai dituding sebagai salah satu penyebab perceraiannya dengan Nicole Kidman yang menginginkan keluar dari ajaran tersebut dan mengajak Tom Cruise. Namun mantan suaminya itu menolak dan memilih bercerai usai mengadopsi dua anak.

Hal sama pun terjadi pada pernikahannya dengan Katie Holmes. Mereka telah memiliki satu orang putri, Suri. Dalam beberapa laporan, disebutkan jika Tom Cruise tak diizinkan bertemu dengan putrinya itu oleh Scientology usai Katie Holmes menolak putrinya masuk dalam ajaran tersebut.

Belakangan, Cruise sudah tak pernah terlihat lagi di area gereja sejak syuting lanjutan film Mission Impossible. Mantan suami Katie Holmes ini memilih untuk tinggal di sebuah apartemen di Knightsbridge. Ia sering terlihat masuk diam-diam melalui tempat parkir bawah tanah.

Selain apartemen, Cruise juga tinggal di sebuah rumah terpencil di pedesaan Kent, dekat Bandara Biggin Hill. Lokasi itu sangat mudah dijangkau dengan jet pribadi miliknya.

Absennya Cruise di gereja Scientology Inggris diduga karena pandemi COVID-19. Banyak dari anggota gereja enggan menerima vaksin dan menghindari perawatan medis yang konvensional. Terkait hal ini, pihak gereja tidak mau berkomentar.

Sementara itu, sebuah sumber mengatakan bahwa Tom Cruise memang mulai menarik diri dari Scientology. Penyebabnya karena tekanan dari film Mission Impossible yang berkali-kali tertunda karena pandemi.

"Tom tampaknya menarik diri saat ini. Dia benar-benar menjaga dirinya sendiri, tetapi ada sesuatu yang mulai berubah. Dia jelas sedang di bawah tekanan karena filmnya tertunda dan membutuhkan banyak anggaran," ujar sumber tersebut, dilansir News Australia.

"Tapi yang sangat mengejutkan adalah dia jauh dari Scientology. Dia biasanya berada di mansion Scientology dan suka bersantai lalu berkeliling London. Dia memiliki helicopter dan dapat pergi ke mana saja, tapi dia belum pernah ke East Grinstead sama sekali," pungkasnya.



Simak Video "Tom Cruise Berbincang dengan Kru SpaceX dari Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/tia)