Ustaz Solmed Tak Pernah Bayangkan Ditinggal Pergi Kedua Orang Tua

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 18 Jul 2021 07:01 WIB
Ulama
Ustaz Solmed Tak Pernah Bayangkan Ditinggal Pergi Kedua Orang Tua. (Foto: Desi/detikHOT)
Jakarta -

Ustaz Solmed tengah berduka, kedua orang tuanya meninggal dunia dalam kurun waktu yang berdekatan. Tentu menjadi hal yang sangat sedih bagi Ustaz Solmed momen kali ini.

Suami April Jasmine itu tampak tegar saat menjelaskan perasaannya saat ini. Ustaz Solmed tak menampik dirinya sedih menghadapi kenyataan tersebut.

Ustaz Solmed menegaskan bahwa dirinya tak pernah menyangka hal ini terjadi padanya.

"Tidak pernah terbayangkan, kalau ayah, emak meninggal dalam waktu yang hampir bersamaan," ujar Ustaz Solmed di Al-Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021).

Kedua orang tuanya meninggal dunia di rumah sakit. Diminta Ustaz Solmed untuk tidak hadir ke rumah sakit, lantaran khawatir penyebaran virus COVID-19.

Hal ini juga tak pernah disangka akan dialami Ustaz Solmed. Ia selama ini selalu berharap untuk bisa membimbing orang tuanya di akhir hayat mereka.

"Kami dulu pernah punya harapan kalau wafat enak bisa melihat langsung, bisa bimbing, baca ayat-ayat Alquran itu normatif," ucap Ustaz Solmed.

Meski tak dapat melihat kedua orang tua untuk terakhir kalinya, Ustaz Solmed percaya ayah dan ibunya selalu ingat dengan pencipta bahkan hingga akhir hayat.

"Kami yakin sama Allah dengan izinnya, ayah emak di akhir hayat tetap ingat sama Allah," sambungnya.

Pemilik nama asli Sholeh Mahmoed Nasution itu mengatakan bahwa dirinya ikhlas menerima kepergian ayah dan ibundanya tercinta. Ia mengaku bahwa kenyataan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk diterima tetapi berusaha menerima dengan lapang dada.

"Satu rumusnya, terima dengan lapang dada walaupun pasti berat, berat banget," tutur Ustaz Solmed.

"Ditinggal satu orang tua saja lalu merawat satu orang tuanya lagi itu membuat sangat diri kamu sedih, apalagi (wafat) dengan jarak lima hari," imbuhnya.

Bagi Ustaz Solmed, yang dialaminya saat ini merupakan cobaan atas dirinya dari yang maha kuasa. Oleh karena itu, Ustaz Solmed mencoba tabah dan ikhlas dalam menghadapinya.

"Buat kami ini adalah ujian, cobaan, yang semua kami kembalikan pada Allah, bahwa ayah dan emak adalah titipan untuk melahirkan dan membesarkan saya di dunia ini," kata Ustaz Solmed.

Sebagai tambahan informasi, ibunda Ustaz Solmed, Salmah Lubis, meninggal dunia pada 11 Juli 2021 pukul 00.30 WIB. Lima hari berselang, ayah Ustaz Solmed, H Nadjamuddin Nasution, meninggal dunia pada 16 Juli 2021 malam.

(pig/mau)