Rina Nose Bingung, Oma dari Amerika Harus Karantina Meski Negatif COVID-19

Tim detikHOT - detikHot
Senin, 14 Jun 2021 16:40 WIB
Rina Nose
Rina Nose bingung, sang Oma yang baru datang dari Amerika harus karantina meski negatif COVID-19 dan bayar sendiriFoto: Rina Nose (Desi/detikHOT)
Jakarta -

Rina Nose mengaku sulit memahami, soal keharusan sang Oma yang baru datang dari luar negeri dan harus karantina meski negatif COVID-19. Namun, ada keharusan-keharusan lain yang mesti dipenuhi oleh sang Oma.

Perempuan yang mahir meniru suara banyak tokoh itu, mengungkapkan kebingungannya. Rina Nose menceritakan awal mula sang Oma yang tiba dari Amerika Serikat dan hasil PCR negatif COVID-19.

"Oma pulang dari Amerika. Oma sudah vaksin 2x. Oma selalu pake masker. Sebelum terbang dari Amerika Oma sudah PCR di Amerika dan hasilnya negatif. Segala persyaratan perjalanan serta surat keterangan kesehatan dari Amerika pun sudah ditunjukan," tulis Rina Nose dilihat, Senin (14/6/2021).

"Oma sehat, oma negatif, Oma sudah vaksin 2x, Oma tetap menggunakan masker. Mendarat di banda Jakarta, Oma harus di PCR lagi, dan hasilnya negatif," sambungnya.

Akan tetapi, ketentuan untuk karantina di hotel membuat Rina Nose tidak paham. Terlebih sang Oma harus membayar sejumlah uang untuk fasilitas yang sebenarnya tidak diinginkan.

"Setelah semua keterangan kesehatan terpenuhi, Oma tetap harus karantina di hotel selama 5 hari, bayar sendiri 6,8 juta untuk hotel, 2x PCR dan segala fasilitas hotel dan antar jemput yang sangat baik dan mewah namun segala fasilitas itu tidak diinginkan Oma. Dan saya pun sulit memahami kondisi ini," beber Rina Nose.

Memang di Indonesia ada peraturan karantina untuk WNI dan WNA yang baru tiba. Akan tetapi, di sini Rina Nose tidak menjelaskan apa status kewargaan sang oma.

"Orang sehat dipaksa membayar sesuatu yang tidak diinginkan untuk membuktikan pada orang lain bahwa kondisinya sehat," tutur Rina Nose lagi.

"Malaikat pencabut akal sedang beraksi," imbuhnya.

Di halaman selanjutnya, peraturan WNI dan WNA dari luar negeri masuk Indonesia saat pandemi COVID-19



Simak Video "Ada PPKM Darurat, Rina Nose Akui Santai"
[Gambas:Video 20detik]