Simak Lagi Perkataan Arie Kriting, Tak Salahkan Nagita soal PON XX Papua

Tim detikHOT - detikHot
Jumat, 04 Jun 2021 15:47 WIB
Arie Kriting
Arie Kriting tegas tidak menyalahkan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, coba simak lagi kata-katanya Foto: 20Detik
Jakarta -

Arie Kriting memberikan pendapat dan kritikan soal Nagita Slavina yang diberitakan sebagai Duta PON XX Papua. Raffi Ahmad angkat bicara, Arie Kriting kembali beri penjelasan.

Raffi Ahmad sudah angkat bicara dan menegaskan dirinya bersama Nagita Slavina bukan sebagai Duta PON XX Papua. Raffi menjelaskan dia dan Nagita Slavina ditunjuk sebagai ikon.

Menanggapi ucapan Raffi Ahmad, Arie Kriting meminta maaf jika ada yang kurang berkenan.

"Yang menyebut Kak Raffi dan Kak Nagita sebagai Duta PON XX Papua adalah media arus utama. Dan fokus kami bukan itu. Aspirasi kami adalah mengenai representasi," tulis Arie Kriting dalam Instagram Story yang diunggah, Jumat (4/6/2021).

Arie Kriting soal PON XX PapuaArie Kriting tegas tidak menyalahkan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Foto: dok. Instagram Arie Kriting

"Mohon maaf kakak Raffi jika ada yang kurang berkenan. Kami hanya berharap panitia pelaksana bisa lebih bijaksana," sambungnya.

Arie Kriting meyakini Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kelak tetap mendukung kesuksesan PON XX Papua meski tidak ada embel-embel ikon maupun duta.

"Saya yakin Kak Raffi orang baik, tanpa embel-embel duta atau ikon saya yakin Kak Raffi tetap akan bantu sosialisasi PON XX Papua. Mohon maaf sekali bila ada yang kurang berkenan. Salam persatuan," tegas Arie Kriting.

Arie Kriting juga memberikan penjelasan target dari kritikannya mengenai ikon dan duta PON XX Papua. Suami Indah Permatasari itu juga mempertanyakan mengapa ikon untuk PON XX Papua berbeda.

"Iseng-iseng browsing istilah icon untuk kegiatan olahraga yang sebelumnya. Munculnya kok seperti ini. Loh kenapa ikon untuk PON XX Papua berbeda ya? Cuma mau tambah istilah tapi ujung-ujungnya tempat dan kesempatan untuk Orang Papua menunjukkan identitas dan eksistensinya dihilangkan. Silakan nilai sendiri, hal ini cuma terjadi di Papua loh," tulisnya.

"Mending tunjuk satu orang Perempuan Papua untuk jadi Duta PON XX Papua saja. Lalu hilangkan istilah ikon yang mengada-ada itu. Mari support Orang Papua, menjadi Tuan Rumah seutuhnya," lanjutnya memberikan masukan.

[Gambas:Instagram]



Arie Kriting berharap acara PON XX Papua bisa menjadi panggung untuk putra dan putri Papua. Tidak hanya memperlihatkan tanah Papua.

"Ayolah, kita posisi kan mereka di panggung utama, lalu kita dukung sama-sama dari pinggir. Ini event digelar di Tanah Papua, mari tempatkan Putra dan Putri Papua sebagai penampil utama. Kita support PON XX Papua bersama-sama yuk. Kan enak kalau melihat cantik itu dari perwakilan Perempuan Papua juga. Duta PON XX Papua, Boaz dan Perempuan Papua. Itu saja cukup. Tinggal kita support bersama-sama," tulis Arie Kriting lagi.

Ada juga ucapan dari Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto. Di mana dia menegaskan Kemenpora tidak ikut campur soal penetapan duta PON XX Papua.

Arie Kriting menegaskan dirinya tidak sama sekali menyalahkan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

"Ini statement dari Sesmenpora. Harap diperhatikan bahwa di sini kita pun sama sekali tidak menyalahkan Kakak Raffi dan Nagita ya. Yang kami harapkan itu adalah representasi Orang Papua khususnya Perempuan Papua bisa ditempatkan dengan baik, sehingga tidak terjadi Cultural Appropriation itu," tegas Arie Kriting.

[Gambas:Instagram]



"Selanjutnya tolong dengarkan aspirasi Abang @stephen_wally dan @michaeljakarimilena juga. Kita sukseskan PON XX Papua bersama-sama. Kita biarkan panggung utama menjadi milik basudara Papua, mari kita support sama-sama sebagai sesama anak bangsa," tutup Arie Kriting.



Simak Video "Kata Raffi Ahmad soal Duta PON XX Bareng Nagita Tuai Kontroversi "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)