Rachel Vennya Akui Sayembara Rp 15 Juta Buru Netizen Julid Adalah Kesalahan

Tim detikHOT - detikHot
Senin, 31 Mei 2021 09:35 WIB
Rachel Vennya berhasil mengumpulkan dana bantuan dari netizen untuk NTT lebih dari Rp 1 Miliar.
Rachel Vennya akui sayembara Rp 15 Juta buru netizen julid tidak bijak Foto: Dok. Instagram @rachelvennya.
Jakarta -

Rachel Vennya sempat mengunggah postingan netizen bernama Fathin. Hal itu dibuat berawal ketika Fathin mengirim DM ke Rachel Vennya dengan komentar yang kurang pantas dan menghina.

Meski netizen itu sudah minta maaf, Rachel Vennya merasa perbuatan itu jadi kebiasaan negatif. Alhasil Rachel Vennya mengunggah percakapannya dengan netizen tersebut di Instagram Storiesnya.

Dia juga memperlihatkan foto profil netizen yang disebut bernama Fathin itu. Berniat memberi pelajaran pada sang netizen yang sudah menghinanya, Rachel Vennya juga mengadakan sayembara Rp 15 juta GoFood untuk mereka yang bisa memberitahukan siapa Fathin itu.

Meski akhirnya, aksi Rachel Vennya disebut bisa menjadi doxing atau bully untuk Fathin. Rachel Vennya pun kembali memberikan penjelasan dan mengakui perbuatannya kurang bijak.

"Perbuatan gue emng ga bijak dan mgkn kurang tepat, tp kadang orang2 kayak gini butuh dikasih tau, dikasih pelajaran aja gt kalo ga selamanya org yg lo kata katain diem aja kayak batu, dikira gak bisa ngapa2in, pdhl mah bisa, coba untuk gak ngeluarin "powernya" ibarat mutan udh dikata2in tp ga mau bales pake powernya krn kasian kan dia ga bs bales dgn power juga? tp ya gmn kalo lo jd si mutan? Perumpamaan film aja ini mah wkwkwkwkwkwk nyambung ga tuh," tulis Rachel Vennya dilihat, Senin (31/5/2021).

Setelah mengadakan sayembara soal Fathin, Rachel Vennya dianggap bisa menimbulkan doxing. Rachel Vennya memberikan penjelasan dirinya memang tipikal public figure yang memilih untuk mem-block netizen-netizen yang suka julid.

"Menurut gue, gue ngeblock org2 yg hate ke gue itu gue masih baik, gue ga mau ngebiariin lo buat dosa dan gue gak mau bikin diri gue sendiri hilang kesabaran. Jd klo gue off comment, off replay dm ataupun block lo, ya berarti gue lg menyelamatkan kita berdua dr lautan emosi & ego," tuturnya.

Rachel Vennya pun menyinggung anggapan orang yang menilai public figure suka memanfaatkan kekuatannya untuk menekan netizen. Akan tetapi, Rachel Vennya menegaskan netizen yang bisa seenaknya menuliskan komentar negatif atau bully disebut apa?

Mantan istri Niko Al Hakim itu memperlihatkan public figure juga manusia yang tidak selalu diam di-bully.

"Kalo kayak gini pasti gue atau temen2 public figure lainnya yg akan diblg power abuse, atau jahat, atau apa lah, tp kalo kalian blgnya apa? Coba pikir lagi jadi sama2 mikir dan memposisikan diri aja sih. Kali masih ada yg blg "resiko public figure" sini gue balikin "resiko kalian juga kalo kena kayak gini"," tegasnya.

"Apa yg lo tanam itu yg lo tuai brok. Kalo mau masang ego masing2 yaa kita lapor2an aja, tp siapa yg akan menang? Gak ada kan? Think before you type, itu orang loh yg lo lagi komenin bukan saos sambel yg bisa lo complain," tutup Rachel Vennya.



Simak Video "Respons Ibunda Terkait Isu Rachel Vennya Cerai"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)