Tommy Kurniawan Semprot Pemerintah Usai WNA China Masuk Indonesia

Mauludi Rismoyo - detikHot
Minggu, 09 Mei 2021 18:32 WIB
Tommy Kurniawan
Tommy Kurniawan Semprot Pemerintah Usai WNA China Masuk Indonesia (Foto: ist)
Jakarta -

Berita tengah ramai soal rombongan warga negara asing (WNA) China masuk ke Indonesia. Banyak orang protes, salah satunya artis Tommy Kurniawan.

Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mempertanyakan kebijakan pemerintah. Tommy Kurniawan heran mengapa WNA China bisa masuk ke Indonesia lewat Bandara Soekarno Hatta di tengah larangan mudik.

"Dalam hal ini saya melihat pemerintah kurang bijak dan tidak sensitif terhadap situasi yang ada saat ini. Di satu sisi warganya dilarang mudik dengan begitu tegasnya, di sisi lain WNA dengan mudahnya masuk ke Tanah Air. Ini menurut saya tidak bijak," ujar Tommy saat dihubungi awak media.

Tommy Kurniawan pun tak menerima alasan apa pun terkait rombongan WNA China. Ketua Umum Garda Bangsa itu merasa pemerintah sudah melukai hati masyarakat Indonesia.

"Mendesaknya proyek strategis nasional ini seperti apa sih? Umpama ditunda sampai setelah 17 Mei saat larangan mudik berakhir, apakah akan mengguncang ekonomi Indonesia? Apalagi di antara rombongan WNA tersebut ada yang positif COVID-19. Ini yang saya rasakan pemerintah tidak bijak dan kurang peka terhadap situasi yang ada," tutur Tommy.

Tommy Kurniawan meminta Indonesia mencontoh pemerintahan Inggris terkait perlindungan rakyat terhadap COVID-19. Suami dari Lisya Nurrahmi itu kembali mengharapkan ketegasan sikap pemerintah dalam menangani pandemi virus tersebut.

"Pemerintah Inggris lebih tegas dalam melindungi rakyatnya. Kita ingin pandemi ini segera berakhir dan bisa beraktivitas seperti biasa. Maka sikap tegas dan konsisten pemerintah sangat kita butuhkan," kata Tommy.

Sebelumnya diketahui sejak 4 Mei Indonesia disebut kedatangan banyak WNA China. Sampai yang terbaru yakni kemarin ada kabar mereka kembali berbondong ke Tanah Air.

Hal itu membuat media sosial begitu ramai. Para netizen mengkritik keras pemerintah Indonesia terkait kedatangan WNA China.

Lihat Video: Deretan Kedatangan WNA di RI Saat Pengetatan-Larangan Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(Mar/dar)