Miss Indonesia Tertipu Ibu Sendiri, Awalnya Pinjam Akun Sosmed Buat Jualan Kue

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 31 Mar 2021 22:04 WIB
Nadia Riwu Kaho
Nadia Riwu Kaho buka suara soal kasus penipuan yang melibatkan ibundanya. (Foto: Nadia Riwu Kaho)
Jakarta -

Sebagian netizen mungkin akan bilang "Biasalah~" saat membaca penipuan di media sosial dengan modus jualan kue. Tapi kali ini hal yang sama justru menimpa Runner up 2 Miss Indonesia 2020, Nadia Riwu Kaho.

Sempat ramai di Twitter beberapa waktu lalu sebuah akun yang mengaku butuh pertolongan karena kue yang dibuat oleh Ibundanya mendadak dibatalkan pembeli. Dia lalu minta netizen membantu buat membeli kue tersebut. Belakangan terkuak itu hanyalah modus penipuan setelah netizen membeberkan foto kue yang diunggah akun tersebut milik orang lain.

Sama-sama beralasan jualan kue, pengalaman Nadia Riwu Kaho di sisi lain cukup berbeda. Penipuan justru dilakukan oleh Ibunda Nadia Riwu Kaho sendiri, memanfaatkan media sosial Instagram anaknya dengan dalih ingin jualan kue.

Rosca Riwu Kaho, Ibunda Nadia, minta izin pada anaknya buat memakai media sosial Instagram milik Nadia buat memasarkan kue jualannya. Perempuan kelahiran 7 April 2000 itu pun tidak menolak karena berharap sang bunda bisa mendapat keuntungan.

Bak Raya yang percaya sepenuhnya pada Namaari dan memperlihatkan Permata Naga di film Raya and the Last Dragon tapi lalu Namaari menusuknya dari belakang, Nadia Riwu Kaho mengalami hal yang sama. Sang Bunda justru menyalahgunakan kepercayaan anaknya dengan melakukan penipuan.

"Saya tidak mengetahui data saya disalahgunakan, tapi saya sebagai anak tidak mungkin berpikir negatif kepada kedua orang tua saya, apalagi kepada ibu saya yang secara emosional, kami begitu dekat," kata Nadia Riwu Kaho.

Sebagai anak tentu saja Nadia memaafkan sang Ibunda. Nadia sendiri membantah dirinya terlibat dalam kasus tersebut.

Bantahan yang sama juga keluar dari pihak RCTI sebagai stasiun televisi yang menayangkan Miss Indonesia, ajang yang membuat nama Nadia Riwu Kaho populer. Lantaran dalam penipuan yang dilakukan Rosca, dia membuat poster yang membawa-bawa nama RCTI.

"RCTI tidak terlibat dan tidak tahu menahu tentang masalah ini dan apa yang dilaporkan sama sekali tidak ada kaitan dengan RCTI," begitu pernyataan Group Corporate Secretary MNC Group, Syafril Nasution, dalam siaran persnya.

Rosca sudah minta maaf begitu pula Nadia. Namun masyarakat mungkin akan tetap mengingat ini sebagai sebuah coreng dalam nama Rosca Riwu Kaho. Sebab ternyata ini bukanlah penipuan pertama yang dilakukannya.

Di tahun 2016, dia pernah menipu dengan modus tiket pesawat murah. Berujung pada kasus itu Rosca Riwu Kaho ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda NTT.

Dalam penipuan yang ini, ada korban yang mengaku dirugikan hingga Rp 155 juta. Penipuan ini disebut Rosca Riwu Kaho dilakukannya karena terlilit utang.

(aay/srs)