Via Vallen Buka-bukaan Dicap Plagiat oleh Fans K-pop sampai soal Mobil Dibakar

Tim detikHOT - detikHot
Jumat, 19 Mar 2021 14:39 WIB
Via Vallen
Via Vallen buka-bukaan dicap plagiat oleh fans K-pop Foto: Instagram @viavallen
Jakarta -

Video klip Via Vallen yang berjudul 'Kasih Dengarkanlah Aku' sempat bikin heboh. Saat itu single yang dibawakan bersama Dyrga Dadali itu dianggap menjiplak video klip IU.

Via Vallen dalam podcast Deddy Corbuzier bicara soal cap plagiat yang ditujukan kepada dirinya dari para fans K-pop. Via Vallen mengakui dirinya banyak mendapat serangan dari para penggemar K-pop.

"Duh gimana ya? Jadi gimana ya, maksudnya jadi kayak sosmed dan lain-lain jadi ikutan diserbu gitu lo. Terakhir aku sempat upload di TikTok. Kayaknya iya (banyak yang serang). Mungkin karena yang paling atas komentarnya. Nggak (dibalas) cuma dua orang aja yang dibalas, yang seru-seru aja nggak yang marah-marah," aku Via Vallen dilihat, Jumat (19/3/2021).

Serangan banyak menuding Via Vallen sengaja menjiplak video klip artis K-pop, IU. Via Vallen sendiri sebagai penyanyi padahal hanya mengikuti storyboard yang diberikan oleh sutradara.

"Mereka bilang gara-gara video klip itu jadi dibilang tukang jiplak, tukang plagiat, tukang copy paste. Nggak tahu," aku Via Vallen.

"Kasusnya aku kayak gitu (mengikuti label), tapi mereka malah bilang, 'Masa sih Via Vallen sekelas IU nggak tahu?' Lah memang nggak tahu, mungkin aku pernah lihat, cuma kalau video klipnya aku nggak tahu," jelasnya.

Meskipun Via Vallen sudah memberikan klarifikasi dan menurunkan video klipnya dari YouTube, tetap saja serangan itu dia dapatkan. Banyak penggemar IU tak percaya Via Vallen tak mengenal musisi dari Korea Selatan itu.

"Mereka bilang, 'IU tuh solois terkenal, divanya Korea fansnya banyak banget masa kamu nggak tahu video klipnya ini ini?' Jadi mereka tuh maksa aku buat tahu. Kadang kita tahu wajahnya tapi nggak tahu namanya lo, kadang aku artis-artis K-pop gitu tahu wajahnya nggak tahu namanya," tuturnya.

Ketika video klipnya menimbulkan polemik, Via Vallen mengaku hanya diam karena kesal. Bahkan produsernya kala itu tak tahu video klip mengambil referensi dari music video IU.

"Produsernya pun akhirnya marah-marah sama saudaranya itu. Ini kan kesalahan kamu, kamu harus bertanggung jawab dibikin ulang lagi kalau sampai hasilnya nggak bagus katanya sih bakal putus kerja," kata Via Vallen.

Via Vallen menyayangkan tindakan ceroboh sutradara yang membuat video klipnya saat itu. Via Vallen sadar kesalahan kecil apa pun yang dia lakukan akan menimbulkan reaksi.

Selain dituding menjiplak video klip IU, tahun lalu Via Vallen juga mengalami hal yang kurang mengenakan. Bagaimana tidak, mobil mewah yang dia beli dari hasil jerih payahnya dibakar orang yang mengaku sebagai penggemar.

"Jangan sampai yang lain ngalamin kayak gitu. Aku sih nggak percaya kalau dia ngefans," ucap Via Vallen kepada Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier sendiri menggoda Via Vallen sebagai satu-satunya artis yang mobilnya dibakar oleh penggemar. Via Vallen kala itu tertawa dan mengaku masih menunggu hasil proses hukum kejadian tersebut.

Via Vallen menegaskan tak terima jika pelaku pembakaran terhadap mobilnya disebut sebagai salah satu penggemarnya.

"Sudah ditangkap. Jadi masih mau sidang ditunda karena COVID-19. Aku nggak terima kalau dia dibilang fans nggak akan menyakiti juga apalagi merugikan. Kenapa yang dibakar harus mobil itu? Nggak mobil yang lain?" beber Via Vallen seraya tertawa.

"Saya sampai sekarang belum beli mobil lagi lo," tukasnya.

Mobil Alphard-nya itu kini benar-benar tak bisa dipakai dan ludes dilahap si jago merah. Sudah jatuh tertimpa tangga, asuransi mobilnya juga habis sekitar dua bulan sebelum terjadi pembakaran itu.

"Habis (mobilnya) sisa paling yang bisa dijual ban belakang," tutur Via Vallen terbahak.

"Soalnya pas kebetulan asuransinya habis di satu atau dua bulan sebelum dibakar. Aku biarin (asuransi habis) karena aku abis klaim asuransi masih garansi kalau lecet-lecet bisa diklaim. Aku nggak kepikiran sampai ke situ (mobil dibakar orang)," tukasnya.



Simak Video "Imbas Teror Mobil Dibakar, Via Vallen Pilih Pindah Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)