Irfan Hakim Positif COVID-19: Sedih, Bingung & Kesal

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 08 Jan 2021 06:40 WIB
Irfan Hakim positif COVID-19
Irfan Hakim umumkan dirinya terpapar COVID-19 Foto: dok. Channel YouTube de Hakims
Jakarta -

Irfan Hakim, satu lagi artis yang mengabarkan dirinya positif COVID-19. Irfan menceritakan kisahnya itu melalui channel YouTube-nya.

Di awal video, Irfan Hakim memperlihatkan dirinya tengah melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Gue Irfan Hakim, gue positif COVID-19," buka Irfan Hakim dilansir dari channel-nya, Jumat (8/1/2021).

Irfan menceritakan awal mula dirinya terpapar COVID-19. Dia merasa virus tersebut menyerang, lantaran imunitas tubuhnya sedang tidak baik.

"Dan ini bermula dari kondisi tubuh gue, dan gue sangat tahu sekali tubuh gue. Gue tahu tubuh gue kapan harus istirahat, kapan harus makan, kapan harus tidur, kapan harus benar-benar bedrest dan gue bisa ngukur," ceritanya.

Irfan yang sudah merasakan kondisi tubuhnya tidak enak. Ada hal yang tak biasa dirasakan Irfan Hakim dalam tubuhnya.

"Suatu ketika gue mulai heran sama tubuh gue, ini kenapa ya rasanya aneh. Gue orangnya jarang berkeluh kesah. Saking nggak enaknya badan, gue sampai ngeluh, gue nggak enak badan deh. Rasanya gimana ya panas, terus lemas. Kalau syuting pakai face shield mulai terasa panasnya. Sesak sih nggak cuma terasa lemas aja. Gue mulai heran dan mulai curiga," ungkapnya.

21 Desember 2020, Irfan Hakim sangat panik ketika mendengar Gilang Dirga dinyatakan positif COVID-19. Sudah merasakan beberapa gejala, akhirnya Irfan Hakim memutuskan untuk melakukan swab PCR.

"21 Desember gue dengar teman kerja gue positif. Panik, sepanik-paniknya. Ini tanggal 22 Desember 2020, hari Ibu tapi hadiah buat mama beda. Malah dapat kabar gue positif COVID-19," ungkapnya.

"Jadi kemarin gue swab PCR karena si Gilang positif, beberapa teman kerja gue juga positif. PCR jam 11 siang, hasilnya baru jam 12 malam. Gue udah tidur, lemas banget. Sebelomnya gue ke rumah Soimah, Soimah hasilnya negatif," sambung Irfan Hakim.

Dinyatakan positif, Irfan Hakim merasakan sedih, bingung, dan kesal. Irfan Hakim pun memilih untuk isolasi mandiri di rumah.

"Jadi ada alternatif mau di rumah sakit apa di rumah, gue pilih di rumah. Ini gue tidur di tempat anak gue, anak-anak gue semuanya di bawah gue di lantai dua sendirian," ucapnya.

Selama isolasi mandiri istri, manajer, dan asistennya tetap mengunjunginya dengan menggunakan APD lengkap untuk mengurus kebutuhan Irfan Hakim. Awalnya yang merasa lucu melihat tampilan istri, manajer, dan asistennya, Irfan Hakim lama-lama merasa sedih.

Setelah dirinya dinyatakan positif, semua karyawan dan anggota keluarganya dilakukan swab PCR. Semuanya negatif, kecuali sopir pribadinya.

Video berdurasi 1 jam 13 menit itu merekam semua kondisi Irfan Hakim dari awal mula dirinya dinyatakan positif COVID-19 pada 22 Desember 2020, sampai akhirnya 5 Januari 2021 Irfan Hakim dinyatakan negatif COVID-19.

Banyak hal yang dirasakan Irfan Hakim selama melakukan isolasi mandiri. Mulai dari tak bisa tidur, sesekali merasakan tidak enak badan, dan banyak pikiran.

Setelah dinyatakan negatif, Irfan Hakim memilih untuk tetap masih istirahat. Irfan Hakim pun mengaku kapok, dan tak mau lagi positif COVID-19.

"Hasilnya adalah negatif. Akhirnya negatif. Udah jadi kado ulang tahun Bunda, 'Anak-anak ayah negatif,'" teriak Irfan Hakim kepada anak-anaknya.

"Gue masih harus istirahat beberpa hari ke depan nggak dibawa kerja dulu soalnya takut masih bisa nularin ke orang atau justru takut drop," tukas Irfan Hakim.



Simak Video "Sempat Positif COVID-19, Irfan Hakim: Nggak Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)