Profil Raisa, Manggung di Cafe hingga Masuk Daftar Wanita Tercantik Dunia

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 17 Des 2020 14:25 WIB
Raisa Beauty Shoot
Profil Raisa, penyanyi yang masuk daftar tercantik di dunia Foto: detikcom/Ari Saputra
Jakarta -

Raisa Andriani atau akrab disapa Raisa, penyanyi wanita berbakat dan dikagumi di Indonesia. Suaranya yang khas dan parasnya yang memesona, sukses mencuri perhatian publik. Sebelum menjadi penyanyi solo dia merupakan vokalis dari band bentukan Kevin Aprillio, Andante yang berubah nama menjadi Vierra.

Sebelum resmi terjun ke dunia tarik suara bersama band Andante, Raisa sering menyanyi dari cafe ke cafe sambil melatih vokalnya. Bergabung dengan band Andante pada 2008, Raisa memilih untuk keluar karena merasa ada perbedaan konsep dengan pihak label. Selain menjadi vokalis Andante, Raisa juga pernah menjadi Backing Vocal RAN saat mengisi acara Java Jazz 2008.

Setelah keluar dari band, perempuan kelahiran tahun 1990 ini pun memilih menjadi penyanyi solo. Pada 2010, bertepatan memasuki usia 20 tahun, Raisa merilis single perdananya bertajuk Serba Salah. Lagu ini ber-genre pop yang diberi sentuhan RnB. Lewat lagu inilah, kepopuleran Raisa meledak.

Tercatat lebih dari 10 ribu kali lagu tersebut diputar di official MySpace Raisa. Berkat kepopulerannya berbagai undangan manggung pun silih berganti menghampirinya, Raisa pun juga diundang sebagai salah satu bintang pengisi acara dalam event Java Jazz Festival 2011.

Pada tahun yang sama juga, Raisa merilis album Self Titled yang produksi oleh Solid Records dan Universal Music Indonesia. Asta Andoko RAN, Ramadhan Handy dan Adrianto Ario Seto dari Soulvibe merupakan produser yang membantu Raisa mengerjakan debut albumnya. Nanda Oka dan Asta Andoko berlaku sebagai Executive Producer dalam album tersebut.

Lewat album tersebut, pada 2012 Raisa diganjar dua penghargaan sekaligus oleh Anugerah Musik Indonesia, yakni kategori Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dan Grafis Desain Album Terbaik.

Selang setahun, Raisa kembali merilis album keduanya bertajuk Heart to Heart dengan single seperti LDR, Bye Bye, dan Pemeran Utama. Dalam Album ini, Raisa bekerja sama dengan Yovie Widianto, Tangga, dan Tulus. Single-single-nya sukses merajai chart di berbagai Radio.

Kisah Raisa Dipanggil Presiden di Halaman Selanjutnya.