Kondisi Kesehatan Tio Pakusadewo Turun Sejak Mendekam di Penjara

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 01 Des 2020 16:00 WIB
Tio Pakusadewo saat ditemui di Polda Metro Jaya.
Tio Pakusadewo Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Kondisi kesehatan Tio Pakusadewo disebut mengalami penurunan saat mendekam di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya sejak April 2020.

Disebut anak ketiganya, Maharani Annisa Pakusadewo, kedua kaki ayahnya itu mengalami pembengkakan. Hal itu terjadi sebelum Tio dibekuk satuan Polda Metro Jaya karena narkoba jenis ganja, 7 bulan lalu.

Diketahui, sebelum dibekuk karena narkoba, Tio Pakusadewo dikabarkan tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta karena stroke. Annisa juga menegaskan pembengkakan pada kakinya itu karena stroke yang pernah diidap Tio.

"Selama tujuh bulan ini papa emang sakit-sakitan gitu di sana. Cuma mungkin papa kadang segan, kadang kambuh kadang nggak," ujar Annisa ditemui usai sidang Tio Pakusadewo, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

"Kalau bengkaknya udah bengkak dari sebelum penangkapan. Emang udah sakit dalam perjalanan penyembuhan juga, masih jalanin terapi," sambung Annisa.

Disebut Annisa kini kondisi kesehatannya kian menurun. Annisa bahkan menegaskan aktor 57 tahun itu semakin memburuk dalam kesehatan namun tetap semangat secara mental.

"Perubahannya memburuk ya pasti, cuma secara mental tetap semangat, semangat dari keluarga dan teman-teman juga," ungkap Annisa.

Beberapa waktu lalu Annisa sempat menjenguk Tio Pakusadewo di rumah tahanan Polda Metro Jaya. Annisa mengaku sangat sedih melihat kondisi ayahnya yang kini pincang.

Disebut Annisa, dirinya tak memiliki waktu yang banyak untuk menjenguk Tio Pakusadewo. Namun Annisa menyempatkan diri untuk memeluk ayahnya itu.

"(Jenguk) Kemarin Senin, yang pertama kalo jenguk itu nggak ada waktu yang lama ya jadi pelukan," tuturnya.

"Terus kita ngobrol, sedih juga liat papa pincang jalannya gitu sedih si lihatnya. Tetap semangat yang terbaik aja buat papa," sambungnya.

Selain melihat kondisi sang ayah yang semakin parah, Annisa juga menjelaskan hal apa saja yang dikeluhkan Tio Pakusadewo. Salah satu pemain Mantan Manten itu mengeluhkan sakitnya hingga rasa lelah mendekam di rumah tahanan Polda Metro Jaya.

"(Keluhan Tio) Itu sakit, capek, papa disana fasilitasnya (kesehatan) kan nggak seperti diluar," tutup Annisa.

(pig/dar)