Obituari Sean Connery: Dari James Bond hingga Raih Gelar Kerajaan

Nugraha - detikHot
Sabtu, 31 Okt 2020 21:10 WIB
Scottish actor Sean Connery in Amsterdam on a location shoot for the latest James Bond film, Diamonds are Forever, 4th July 1971. (Photo by Jack Kay/Daily Express/Getty Images)
Sean Connery meninggal dunia Foto: Jack Kay/Daily Express/Getty Images
Jakarta -

Bintang James Bond, Sean Connery meninggal dunia. Ia disebut meninggal dalam tidurnya.

Belum ada keterangan resmi yang mengungkap kematian Sean Connery. Kabarnya di akhir hayatnya, Sean Connery dalam kondisi tidak sehat.

Sean Connery meninggal dunia di usia 90 tahun. Bintang James Bond, itu punya sederet film yang mengangkat namanya. Tapi tentu saja yang paling membuatnya bangga adalah gelar yang disematkan Ratu Inggris Elizabeth II.

Sean Connery dianugerahi gelar kebangsawanan pada 2000, dua tahun setelah ia dilaporkan banyak mendapat penolakan sebagai ksatria karena pandangan politiknya.

Sean Connery kala itu datang bersama istri, Micheline dan saudara laki-lakinya di Edinburgh's Holyrood Palace.

"Ini salah satu hari paling membanggakan dalam hidup saya. Ini sangat berarti karena terjadi di Skotlandia," kata Sean Connery yang kala itu berusia 69 tahun.

Sean Connery terlihat berseri-seri, memamerkan medali emas di sabuk merah cerahnya. Itu merupakan gelar yang sudah lama ditunggu oleh Sean Connery.

Sean Connery saat berperan sebagai James BondSean Connery saat berperan sebagai James Bond Foto: Getty Images

Sebab kala itu, banyak yang percaya bintang Hollywood tersebut seharusnya dihormati jauh sebelum tahun 2000. Tapi pada 1998, ia berada di jantung pertikaian politik, Partai Buruh yang berkuasa telah memblokir rencana untuk memberinya gelar ksatria. Sean Connery merupakan pendukung dari Partai Nasional Skotlandia.

Sean Connery menjalani kehidupan yang begitu berliku. Di masa kecilnya, ia mendapat pendidikan yang buruk. Ia dibesarkan di rumah petak empat lantai di Edinburgh.

Terlahir sebagai Thomas Connery pada 25 Agustus 1930, ia adalah anak tertua dengan satu adik. Ayahnya seorang sopir truk jarak jauh dan seorang ibu yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih.

Dia putus sekolah pada usia 13 tahun dan bekerja dalam berbagai pekerjaan kasar. Sean Connery bekerja sebagai penggosok peti mati, penjaga pantai hingga tukang susu dengan kuda yang dihias. Pada usia 16 tahun, dua tahun setelah Perang Dunia II berakhir, Connery direkrut menjadi Angkatan Laut Kerajaan, dan bertugas selama tiga tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sean Connery 'James Bond' Berjuang Lawan Demensia Sebelum Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]