Peraih Oscar Pertama di India Meninggal Dunia di Usia 91

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 17 Okt 2020 15:26 WIB
Bhanu Athaiya
BHanu Athaiya / Foto: (dok.Picasa)
Jakarta -

Bhanu Athaiya meninggal dunia di usia ke-91 tahun. Ia dikenal sebagai wanita India pertama yang berhasil mendapatkan piala Oscar sebagai kostum desainer.

Hingga akhir hayatnya, Athaiya sudah membuatkan kostum bagi lebih dari 100 film Bollywood. Lewat film Gandhi pada 1982, namanya mulai tersohor di seluruh dunia.

Dilansir dari CNN, Bhanu Athaiya meninggal dunia di Mumbai, India. Sebelumnya ia sempat mengidap tumor otak sejak delapan tahun lalu.

Menurut sang putri, Radhika Gupta, ibunya tersebut merupakan sosok pekerja keras yang tak pernah berhenti belajar. Apalagi saat beliau masih sehat dan bugar.

"Waktu masih sehat, ia seperti tak terhentikan," kenangnya.

Lahir di Kolhapur pada 1929, Bhanu Athaiya, sudah tertarik dengan dunia fashion sejak usia muda. Ia pun mulai bekerja sebagai perancang kostum pada 1950 untuk sebuah serial bersama Guru Dutt, salah satu sutradara tersohor di India pada era tersebut.

Setelahnya ia pun mulai terlibat dalam beberapa film layar lebar hingga akhirnya membawanya untuk terlibat pada film Gandhi garapan Richard Attenborough. Film tersebut mengantarkan dirinya menuju ajang penghargaan tertinggi di dunia film dan menjadi peraih Oscar pertama dari India.

Dalam pidato singkatnya, Athaiya mengucapkan jika dirinya tak percaya bisa memenangkan penghargaan tersebut. Ia pun berterimakasih pada Attenborough karena sudah membuat India jadi perhatian penikmat sinema dunia.

Dilansir dari PTI, Athaiya mengenang momen tersebut sebagai salah satu kejadian penting di hidupnya.

"Saat mereka memanggil namaku, aku tak bisa membiarkan diriku lepas kontrol. Aku dengan tenangnya ke atas panggung dan berterimakasih pada tuan Richard dan the Academy. Saat aku ke belakang panggung aku benar-benar terkejut karena banyak sekali fotografer. Aku pun merasa sangat senang. Aku sangat bahagia," kenangnya.

Nama Bhanu Athaiya pun dikenal sebagai salah satu legenda di dunia film dan fashion di India. Kepergiaannya membawa rasa duka dari kalangan sineas, seperti Aamir Khan yang sempat bekerjasama dengannya di Lagaan.

"Ia dengan cerdas menggabungkan penelitian yang akurat dan sisi sinematik untuk membuat visi sutradara jadi lebih hidup," cuitnya.



Simak Video "Tokoh Otomotif Indonesia Helmy Sungkar Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/doc)