Joy Tobing Sembuh dari COVID-19

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 14:06 WIB
Joy Tobing
Joy Tobing sembuh dari COVID-19. Foto: Instagram joydestinytobing
Jakarta -

Setelah sebelumnya dinyatakan positif virus COVID-19, kini Joy Tobing dinyatakan sudah sembuh. Joy Tobing pun bersyukur akan hal tersebut.

Joy Tobing dinyatakan negatif dari COVID-19 setelah kembali melakukan tes swab di salah satu rumah sakit di bilangan Jakarta. Kabar bahagia itu diungkapkannya saat dihubungi wartawan.

"Kondisi sekarang Puji Tuhan sudah sehat dan Hasil PCR SWAB test tanggal 25 September 2020 dikeluarkan dari RS. Mayapada hasilnya sudah NEGATIF. Puji Tuhan sudah sembuh," kata Joy Tobing melalui pesan singkat.

Sejak awal dinyatakan COVID-19 pada tanggal 7 September 2020, Joy Tobing tidak dirawat di rumah sakit. Ia hanya menjalani isolasi mandiri di kediamannya karena rumah sakit yang Joy Tobing inginkan telah penuh dengan pasien COVID-19.

"Sewaktu terpapar COVID dirawat isolasi mandiri di rumah. Karena adik nomor dua seorang dokter (dr.Jeffry Tobing), dia memberikan obat-obat yang harus aku minum untuk bisa sembuh. Selain obat dokter, saya juga minum obat herbal untuk mempercepat proses pemulihannya juga," imbuh Joy Tobing.

Selama menjalani isolasi mandiri, Joy Tobing banyak mengonsumsi vitamin. Pola makannya pun dijaga agar daya tahan tubuhnya kuat dan tak gampang diserang oleh virus.

"Selain obat dokter, herbal yang (aku) minum. Aku juga minum Vitamin D3, E, C, makan makanan yang banyak mengandung protein. Minum susu, minum air hangat dikasih lemon dan madu, makan buah yang banyak, makan putih telur rebus sehari 2-3 butir, minum kuah sop daging iga atau ayam kampung, membaluri badan dengan minyak kayu putih, kumur-kumur betadine atau air garam setiap habis sikat gigi, dan istirahat yang banyak, berjemur sambil olahraga ringan," beber Joy Tobing.

Meski sudah sembuh dari COVID-19, Joy Tobing harus tetap menjalani isolasi mandiri. Ia tidak boleh keluar rumah untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

"Betul. Pesan penting adalah, virus COVID-19 ini jangan dianggap sepele dan jangan juga terlalu ditakuti. Wajib memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dan meminum vitamin atau suplemen yang berguna untuk tubuh. Selain kita menjaga kesehatan dengan mengatur pola hidup kita dengan baik, yang paling penting adalah berserah kepada Tuhan. Andalkan kekuatan pertolongan Tuhan untuk menyembuhkan kita melalui setiap doa yang dinaikkan," tutur Joy Tobing.

"Miliki positif thinking. Harus selalu bersyukur dan selalu bersuka cita. Bangkitkan iman kita dengan perkatakan 'saya sembuh, saya sehat, saya kuat karena ada Tuhan yang menolong saya'. Percaya dengan iman, virus COVID-19 akan pergi dari tubuh kita dan kita akan sembuh dan pulih bahkan mujizat Tuhan nyata sempurna bekerja atas kita," pungkasnya.



Simak Video "Joy Tobing Syok Positif Corona, Ini Gejala yang Dia Alami"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)