Penjara Jadi Sekolah Hidup Reza Bukan untuk Lebih Dekat Tuhan

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 30 Sep 2020 06:00 WIB
Reza Bukan saat sidang di PN Jakarta Barat.
Reza Bukan anggap penjara sebagai sekolah hidup. (Foto: Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Reza Bukan dinyatakan bebas dari masa hukumannya atas penyalahgunaan narkoba pada 18 Agustus 2020. Kebebasan Reza saat itu juga atas asimilasi yang diberikan hakim ketua lantaran adanya pandemi COVID-19.

Setelah bebas, Reza Bukan pun baru saja melangsungkan pernikahannya dengan seorang pendeta perempuan, Serevina. Diakui Reza, mereka bertemu saat adanya penyuluhan warga binaan di Rutan Salemba, Jakarta Timur.

Saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (29/9/2020), Reza Bukan menjelaskan hal-hal apa saja yang dirasakan semasa menjalani hukuman. Reza mengaku kini tengah dekat sekali dengan Tuhan.

"Kesepian sih nggak. Tapi yang pasti dalam sekolah hidup kemarin di Salemba itu adalah kita dikasih pelajaran bahwa kita harus sabar, ikhlas, pasrah, bersyukur dengan keadaan yang ada," ujar Reza.

"Semua teman-teman perhatian, datang kirim makanan. Saya sedih, nangis," lanjutnya.

Rasa perhatian dari seseorang kepadanya juga turut dirasakan Reza Bukan dari Serevina. Mereka kerap bertemu untuk saling membahas kepercayaan mereka kepada Sang Pencipta. Kehadiran Serevina saat masa keterpurukan Reza itu disebut sangat memiliki pengaruh lebih.

"Pasti kalau orang yang di dalam (penjara) itu siapa pun memberikan perhatian pasti akan sedih, karena kita merasa berjuang sendirian di sana. Begitu ada yang perhatian, kita jadi lebih sensitif. Vina pun rasanya beda, perhatiannya beda. Kuasa Tuhan-lah, luar biasa," tutur Reza lagi.

Lebih lanjut, Serevina menjelaskan kondisi Reza Bukan saat ini yang selalu berserah diri pada Sang Pencipta. Serevina merupakan orang yang selalu memperhatikan perubahan Reza sejak awal pertemuan hingga ia mengenal dekat.

"Saya selalu memberikan pelayanan kepada anak-anak (di lapas atau rutan) salah satunya adalah Reza. Dari awal saya terus perhatikan bagaimana awal perubahan dan pemulihan dia," ujar Serevina.

Selain itu, Reza Bukan juga kerap memuji istrinya itu. Reza sangat menyukai Serevina yang disebut sangat pintar dan luar biasa ketika membicarakan agama dan kepercayaannya di atas mimbar.

"Saya kagum sama wanita yang pintar, dia di mimbar kelihatan pinter banget. Luar biasa, itu yang bikin saya jatuh hati karena saya haus dan rindu akan Tuhan," tutup Reza.

(pig/aay)