Susuk dan Artis

Ciri-ciri Artis Pakai Susuk

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 26 Sep 2020 13:18 WIB
Foto ilustrasi untuk prostitusi artis
Foto: Phil McCarten/Getty Images
Jakarta -

Banyak yang bertanya bagaimana sih ciri-ciri orang yang memakai susuk. Salah satu paranormal Frans Wiguna mengatakan sebenarnya, cukup sulit membedakan mana orang yang tidak memakai susuk atau pun tidak secara kasat mata.

"Kalau kita lihat langsung sekilas begitu susah. Kecuali kalau kita jalan terus bareng sama dia, lama-lama pasti tahu," ucap Frans beberapa waktu lalu.

Tapi jika diperhatikan dengan seksama, memang ada beda antara orang yang memakai susuk maupun tidak.

"Dari foto bisa kelihatan. Kalau nggak pakai susuk, kalau di foto pantulan cahaya kulitnya ya pantulan bedak. Kalau dia pasang susuk itu agak bersinar. Kalau susuknya berlian, sinarnya putih bening. Kalau emas, sinarnya agak kuning keemasan," jelas Frans lagi.

"Pokoknya kalau diperhatikan secara tegas, dia akan kelihatan lebih kinclong, kayak bersinar gitu," terang Frans lagi.

Tak hanya itu, ciri lainnya juga bisa dilihat dari gerak-gerik dari sang pemakai susuk. Biasanya ada pantangan yang harus dilakukan sang selebriti maupun artis saat menggunakan susuk.

"Kalau dia misalnya diajak makan ke tempat atau melewati tempat tertentu dia nggak mau, itu sudah pasti pakai. Atau kadang misalnya pas waktu di makeup dia bilang, jangan sentuh daerah sini atau situ, itu juga kelihatan pasti pakai juga," beber Frans.

Baginya memang ketentuan tersebut tidak boleh dilanggar. Karena jika dilanggar nanti akan ada efek samping bagi sang si pemakai.

"Pokoknya kalau orang yang punya kemampuan dan dekat dengan orang yang pakai susuk, itu pasti ada getaran dan rasa aneh. Itu bisa ketahuan," ucap Frans.

Untuk jenis dan harga pun ini tentunya berbeda-beda. Biasanya ditujukan untuk apa dan sampai jangka waktu berapa lama susuk akan bertahan.

"Rata-rata kalau pasang susuk tarifnya itu di atas Rp 1 juta sampai puluhan juta. Kalau buka aura tarifnya bisa Rp 10 sampai Rp 20 juta. Cuma kan terbayar, si artis sekali syuting tarifnya bisa Ro 80 juta-an juga," ucapnya lagi.

Susuk juga banyak jenisnya. Untuk memasang susuk, untuk menggaet orang kaya atau pejabat.

"Kalau buat dilirik pejabat atau dijadikan simpanan rata-rata dari Rp 20 juta sampai ratusan juta. Kalau pasang yang Rp 1 juta, ya nggak bisalah," beber Frans lagi.



Simak Video "Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/tia)