Kak Seto Beri Nasihat untuk Orang Tua yang Temani Anak Belajar Daring

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 19 Sep 2020 11:28 WIB
Kak Seto Pantau Pelecehan Seksual di Garut
Kak Seto beri nasihat untuk orangtua. Foto: Hakim Ghani
Jakarta -

Kak Seto menyadari pembelajaran daring yang selama ini dilakukan akibat pandemi Corona membuat banyak orang tua berteriak. Begitu juga dengan beberapa seleb Indonesia yang mengatakan sangat pusing dengan pembelajaran daring ini.

Oleh karenanya, Kak Seto memberikan nasihat kepada orang tua yang setia menemani anak-anaknya belajar online ini. Menurut Kak Seto, setidaknya orang tua menjadikan belajar online ini begitu menyenangkan.

"Pendidikan ini mohon jangan mengalahkan kesehatan mental, jangan sampai anak belajar dipaksa, dimarahi, dibentak dan sebagainya, stres sampai akhirnya malah harus mengalami berbagai permasalahan kejiwaan, itu sangat tidak kita harapkan," tutur Kak Seto dalam webinar peluncuran Olike Edu Toys.

Kak Seto mengatakan sebagai orang tua yang harus menjadi nomor satu adalah membuat suasana gembira. Ia juga mengatakan sebenarnya belajar bukan hanya masalah akademik.

"Nomor satu semua dibuat gembira dan belajar bukan hanya sekadar akademik. Nomor satu isi pendidikan kita adalah etika, termasuk juga pelajaran agama. Kunci belajar efektif adalah yang menyenangkan," papar Kak Seto lagi.

Ia mengatakan dunia anak-anak adalah bermain. Sebaiknya orang tua juga harus bisa merangsang potensi anak.

"Anak itu dunianya bermain, jadi belajar dengan suasana bermain itu adalah cara paling cepat merangsang potensi dan kualitas kreativitas anak," jelas Kak Seto.

Beberapa seleb yang pernah mengeluhkan tentang pembelajaran online adalah Nia Ramadhani dan juga Fairuz A Rafiq. Dalam Instagram miliknya, Nia Ramadhani pernah menyampaikan keluh kesahnya dalam pembelajaran online itu.

Kala itu, Ardi merekam tinggah Nia Ramadhani saat dirinya baru pulang ke rumah. Nia mengaku pusing dengan adanya wabah Corona ini.

"Jadi ibu-ibu sekarang nggak bisa istirahat tahu nggak. Kesal banget ini. Semua orang di rumah sekarang, pagi-pagi ngurusin anak sekolah dan belajar di rumah, mau tidur suami pulang," ungkap Nia Ramadhani beberapa waktu lalu.

Fairuz juga sempat mengatakan hal yang sama. Ia mengaku kesabarannya sangat diuji untuk mengajari anak-anaknya belajar.

"Memang butuh kesabaran dan jadi benar-benar ya," ucap Fairuz kala itu.



Simak Video "Jangan Lebay Pidana Anjay"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/mau)