Rapper Akon Ingin Bangun Kota Futuristik seperti Wakanda di Senegal

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 03 Sep 2020 17:03 WIB
Penyanyi R&B asal Senegal atau yang lebih dikenal sebagai Akon, hadir di Indonesia untuk membantu menyediakan akses listrik di Suku Anak Dalam.
Akon. Grandyos Zafna/detikFoto
Jakarta -

Ternyata tak hanya Kanye West saja yang terinspirasi dari film Black Panther. Rapper Akon juga berniat untuk membuat negaranya, Senegal, menjadi seperti halnya Wakanda. Namun ia tak mewujudkan keinginannya itu dengan menjadi presiden, Akon memilih menyumbang untuk membangun sebuah kota.

Proyek bernilai 6 miliar dollar itu pun telah mulai di garap di Mbodiene yang berjarak 60 mil dari Dakar. Kota tersebut akan menggunakan tenaga surya dan berisikan hotel, kampus, rumah sakit, perkantoran, hingga tempat hiburan seperti bioskop dan kasino.

Pembangunan kota yang terinspirasi dari film yang dibintangi Chadwick Boseman itu akan digarap oleh arsitektur Hussein Bakri. Ia pun akan menaruh bangunan dan landmark khas Afrika di sana.

Akon yang tumbuh besar di New Jersey, mengatakan jika banyak orang Afrika-Amerika tak mengetahui budayanya sendiri.

"Jadi aku ingin membuat kota sebagai sebuah proyek yang akan memberikan motivasi pada mereka jika ada rumah atau kampung halaman mereka," tuturnya.

[Gambas:Instagram]



"Jika kau datang dari Amerika, Eropa, atau manapun juga dan kau merasa ingin mengunjungi Afrika, kami ingin Senegal menjadi tempat tujuan pertamamu," tambah penyanyi bernama lengkap Alioune Badara Thiam.

Demi mewujudkan impiannya itu, Akon pun mengajak beberapa investor. Namun ia menolak menyebutkan siapa saja yang memberikan dana untuk proyek senilai 6 miliar dollar itu dengan alasan klausa pribadi dalam perjanjiannya.

Pembangunan itu pun dijadwalkan selesai pada 2023 mendatang dan dimulai pada awal tahun depan. Kota dengan luas 500 hektar itu memiliki 300 ribu penduduk. Di sana juga terdapat pulau buatan untuk mengakomodasi kapal pesiar.

Dalam laporan yang dilansir DailyMail, disebutkan jika kota tersebut akan dinamakan AKoin. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait nama kota tersebut.

Selain Akon, aktor Idris Elba juga ingin membangun sebuah pulau di kampung halaman ayahnya yakni Sierra Leone. Ia ingin membuat komplek yang ramah lingkungan serta nyaman bagi para turis di pulau tersebut.



Simak Video "Kado Ultah Disney untuk Chadwick Boseman"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)