Lahir Prematur, Anak Keempat Joanna Alexandra Mengidap Kelainan

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 30 Mei 2017 18:53 WIB
Foto: Joanna Alexandra (Ismail/detikHOT)
Jakarta - Joanna Alexandra melahirkan anak keempatnya dalam keadaan prematur. Oleh sebab itu, kondisi buah hatinya yang diberi nama Ziona Eden Alexandra Panggabean rupanya mengidap suatu kelainan.

Saksikan video 20detik mengenai Kelahiran Putri Joanna Alexandra di sini:


Menurut Joanna Alexandra, kelainan yang diidap anaknya terdapat di kakinya. Kelainan itu, lanjutnya, biasa disebut dengan istilah club foot atau menggambarkan dimana kaki berubah dari posisi yang normal atau bisa dibilang bengkok.

"Kakinya juga ada sedikit kelainan namanya club foot," ungkap Joanna Alexandra, ditemui di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017).

"Jadi kakinya itu flipping back inside jadi kalo kaki normal gini (lurus) dia kebalik gini (bengkok). Memang dari seribu bayi yang lahir, satu pasti begitu. Tapi itu nggak membuat kami khawatir banget karena itu bisa dilurusin terus dikasih gips. Yang buat kita khawatir sebenernya keadaan di dalam ya," timpal sang suami Joanna, Raditya Oloan melanjutkan.

Sementara mengenai pernapasan sang anak, kata Joanna, masih menjadi bahan perhatian para dokter. Untuk bagian kakinya, lanjutnya, bisa dilakukan terapi sambil berjalannya proses perawatan.

"Yang sama dokternya harus diperhatiin ya pernafasannya itu. Kalau kelainan di kaki nanti bisa sambil jalan ada fisioterapi, bisa dibenerin pakai gips, pakai sepatu putus. Tapi pernafasannya ini benar-benar harus di NICU itu. Itu yang bikin agak tegang karena lihat baby-nya pakai selang-selang," beber wanita 30 tahun tersebut.

"Selangnya ada banyak, ada selang infus, selang antibiotik, pokoknya macem-macemlah," tutup Joanna Alexandra.

(hnh/mah)