Alasan Manga Spy x Family, Punya Huruf 'X' di Judulnya

ADVERTISEMENT

Alasan Manga Spy x Family, Punya Huruf 'X' di Judulnya

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 25 Jan 2023 19:22 WIB
Cara Nonton Spy x Family, Bukan dari Anoboy dan Samehadaku
Foto: (Twitter Spy x Family)
Jakarta -

Spy x Family menjadi salah satu manga terpopuler sepanjang 2022, sejajar dengan Chainsaw Man, Jujutsu Kaisen hingga One Piece yang bertengger selama lebih dari dua dekade. Dalam industri manga, ada beberapa judul komik yang memiliki judul unik, salah satunya Spy x Family.

Huruf 'x' selama ini masih menjadi tanda tanya bagi penggemarnya. Ada banyak hal yang disukai pembaca dalam serial action-comedy ini, mulai dari karakter aneh hingga latar Perang Dingin yang terinspirasi gaya dekade 19600an, serta adegan aksi yang mendebarkan.

Tapi yang masih menjadi satu-satunya pertanyaan dan keanehan lainnya adalah judul serialnya tersendiri. Kata 'spy' yang dalam bahasa Inggris berarti 'mata-mata', jelas mengacu pada alur cerita tentang mata-mata.

Kata 'family' yang artinya 'keluarga' juga menjelaskan mengenai bagaimana karakter utama berusaha mencari istri dan anak perempuan untuk membantunya mengemban tugas sebagai mata-mata nomor satu.

Sebelum memilih judul Spy x Family, komikus sekaligus penciptanya Tatsuya Endo dikabarkan memilih berbagai alternatif lainnya. Mulai dari judul I SPY sampai ide judul SPY Family.

Ada satu draf awal yang berjudul Spy Family dalam bahasa Jepang, namun editor dalam penerbit memutuskan untuk memasukkannya ke dalam bahasa Inggris. Tatsuya Endo dan editornya menambahkan huruf silang di antara kata-kata bahasa Inggris di judul, lalu menghasilkan judul Spy x Family.

"Judul Spy x Family ini memberikan penghormatan kepada Hunter x Hunter karya Yoshihiro Togashi. Khususnya x di setiap judul bukanlah huruf dalam bahasa Inggris X. Ini benar-benar hanya visual-salib terbentuk X untuk membuat judul lebih keren," ungkap Tatsuya Endo, dalam sebuah wawancara.

Dia juga menegaskan judul huruf 'x' itu hanyalah dekoratif dan bukan huruf. "Jadi pembaca tidak perlu mengatakan 'x' di antara kata Spy Family. Sama halnya dengan Hunter x Hunter, dibaca hanya 'Hunter Hunter' bukan 'Hunter ecks Hunter'," tegasnya.

Dalam industri komik Jepang, penambahan visual dan tanda baca untuk mempercantik judul terbilang hal yang lumrah. Di masa sekarang, banyak judul serial manga dan anime yang menambahkan tanda seru. Misalnya saja serial shojo Maid--sama!, Mahou Sensei Negima!, My Love Story!! sampai Cells at Work!!.

So, bagaimana menurutmu dengan penjelasan x dalam manga Spy x Family?



Simak Video "Film Perdana 'Spy X Family' Bakal Rilis Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT