Selamat! Detective Conan Sukses Laku 270 Juta Eksemplar di Dunia

ADVERTISEMENT

Selamat! Detective Conan Sukses Laku 270 Juta Eksemplar di Dunia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 25 Jan 2023 12:04 WIB
Seri terbaru dari Detective Conan  tentang sejarah Jepang
Foto: Istimewa
Jakarta -

Komik Jepang memiliki daya tarik tersendiri bagi pembaca di dunia, salah satunya adalah manga Detective Conan. Manga yang diciptakan oleh Gosho Aoyama sejak 19 Januari 1994 itu mencapai sejarah terbaru.

Situs berita hiburan Jepang, Real Sound melaporkan manga Detective Conan atau dalam bahasa Jepang Meitantei Conan berhasil dicetak sebanyak 270 juta eksemplar di seluruh dunia. Selamat!

"Di Jepang, volume manga yang ke-102 akan terbit pada 15 September 2023," cuit keterangan Real Sound, seperti dilansir berbagai sumber.

Menurut keterangan data, manga Detective Conan laku 250 juta eksemplar sejak Oktober 2021. Bersamaan dengan volume ke-100 yang sudah terlebih dahulu terbit di Jepang.

Gosho Aoyama meluncurkan Detective Conan sejak tahun 1994. Manga tersebut sukses menginspirasi serial televisi anime yang tayang sejak 1996 hingga serial film anime. Film ke-26 Detective Conan: Kurogane no Submarine (Iron Submarine) bakal tayang di Jepang pada 14 April 2023.

Waralaba Detective Conan juga sukses menerbitkan spin-off atau cerita sampingan baru-baru ini. Di antaranya adalah adaptasi anime Meitantei Conan Keisatsu Gakko Hen Wild Police Story (Detective Conan: Police Academy Arc Wild Police Story), Detective Conan: Hannin no Hanzawa-san hingga Detective Conan: Zero no Tea Time.

Manga Detective Conan merupakan seri manga Shonen (untuk pembaca laki-laki) yang ditulis dan digambar oleh Gosho Aoyama.

Dalam menggambar, Gosho Aoyama dibantu oleh 6 orang asisten yang punya pekerjaan berbeda. Franchise dari Detective Conan kerap dikerjakan oleh tim kreatif lainnya selain Gosho Aoyama.

Pada Maret 2019, ia mengumumkan melakukan hiatus panjang atau berhenti sementara selama beberapa pekan untuk kebutuhan riset. Ia menciptakan manga Detective Conan pada 1994 yang mengisahkan tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo untuk menyelesaikan suatu kasus.



Simak Video "Pengisi Suara Detective Conan Versi Indonesia Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT