Bintang Serial HBO Bela JK Rowling soal Sentimen Antitransgender

ADVERTISEMENT

Bintang Serial HBO Bela JK Rowling soal Sentimen Antitransgender

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 19 Jan 2023 13:20 WIB
JK Rowling
Foto: Facebook JK Rowling
Jakarta -

Bintang serial HBO Succession, Brian Cox membela pencipta sekaligus novelis Harry Potter, JK Rowling. Di tengah perdebatan panjang mengenai antitransgender, ia menganggap novelis asal Skotlandia itu mengalami ketidakadilan.

Bintang Logan Roy itu baru-baru ini muncul dalam sebuah wawancara dengan BBC Sunday. Saat berbincang dengan host Laura Kuenssberg, ia mengatakan betapa bangganya sebagai warga Skotlandia karena telah menyetujui Undang-Undang yang memungkinkan orang transgender untuk mengubah jenis kelamin legal mereka tanpa memerlukan diagnosa medis apapun.

"Lalu apa pendapatmu tentang JK Rowling yang dicap antitransgender?" tanya sang host kepada Brian Cox, seperti dilansir dari The Hollywood Reporter, Kamis (19/1/2023).

JK Rowling seperti diketahui secara terbuka mendukung penentangan terhadap Undang-Undang tersebut.

"Sebenarnya saya tidak suka cara dia diperlakukan," kata Brian Cox.

"Saya pikir dia berhak atas pendapatnya, dia berhak untuk mengatakan apa yang dia rasakan," sambungnya lagi.

Sebagai seorang perempuan, menurut Brian Cox, JK Rowling berhak untuk mengatakan apa yang dirasakan tentang tubuhnya sendiri.

"Tidak ada yang lebih baik untuk mengatakannya, sebagai seorang perempuan," tegas Brian Cox.

Sang aktor kembali membela JK Rowling. "Jadi saya merasa bahwa orang-orang agak terlalu 'tinggi' sikap mereka terhadap JK Rowling. Terus terang, saya membelanya," katanya.

Ini bukan pertama kalinya Brian Cox membela JK Rowling. Pada Mei 2022, ia pernah mengatakan sikap orang-orang kepada penulis yang kerap memakai nama samaran Robert Galbraith iu tidak adil.

Selama beberapa tahun lalu, pencipta dunia sihir Hogwarts itu menjadi sosok kontroversial setelah mengungkapkan kritikannya atas transgender. Dia dicap transfobia. Pandangan ini juga telah mengecewakan sebagian penggemar Harry Potter dan aktor-aktris di baliknya.



Simak Video "JK Rowling Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Beri Dukungan ke Salman Rushdie"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT