Daniel Radcliffe Tulis Surat Terbuka, Lawan Opini JK Rowling soal Transgender

ADVERTISEMENT

Daniel Radcliffe Tulis Surat Terbuka, Lawan Opini JK Rowling soal Transgender

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 02 Nov 2022 19:05 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 25: Daniel Radcliffe poses during a visit to Absolute Radio on April 25, 2019 in London, England. (Photo by Nicky J Sims/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Selama beberapa tahun terakhir, nama JK Rowling menjadi sorotan media karena opini soal transgender. Bahkan pencipta Harry Potter itu juga absen dalam acara spesial reunian film yang melambungkan namanya dalam tayangan HBO.

Kini pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe menulis surat terbuka tentang pandangannya terhadap JK Rowling tersebut. Dilansir dari Variety, ia bersama para pemain di balik Harry Potter punya keyakinan yang sama dan mereka merasa penggemar perlu mengetahuinya.

"Alasan saya merasa sangat, seolah-olah saya perlu mengatakan sesuatu sejak saya menyelesaikan franchise Harry Potter, saya telah bertemu dengan begitu banyak anak-anak dan transgender," ungkap Daniel Radcliffe.

Menurut penuturannya, melihat anak-anak muda transgender terluka karena opini JK Rowling membuat dirinya merasa sakit hati dan turut terluka.

"Saya ingin mereka tahu bahwa tidak semua orang di waralaba merasa seperti itu. Dan itu sangat penting," tegasnya.

Daniel juga menegaskan, selama ini telah bekerja dengan waralaba tersebut lebih dari 10 tahun.

"Selama lebih dari 10 tahun, saya tidak dapat berpikir bagaimana perasaan mereka saat tahu pencipta dan idola mereka mengkritik tentang kelompok transgender," sambung Daniel Radcliffe.

JK Rowling mendapat reaksi keras pada Juni 2020 setelah dia memposting komentar keras di Twitter bahwa gagasan identitas gender seseorang berhubungan ketika mereka menstruasi. Komentar itu bukan pertama kalinya terjadi.

Dia juga pernah mendapat kecaman karena sentimen anti-transgender. JK Rowling pernah mendapat dukungan dari Maya Forstater, seorang peneliti yang dipecat dari pekerjaannya karena mengungkapkan seseorang tidak dapat mengubah jenis kelamin biologis mereka.

Mengikuti opini JK Rowling, Daniel Radcliffe sebelumnya menulis pandangannya dalam situs The Trevor Project.

"Perempuan transgender adalah perempuan. Setiap pernyataan yang bertentangan menghapus identitas dan martabat orang transgender, memiliki kewenangan lebih dari opini Jo," ungkap Daniel.

Menurut The Trevor Project, 78% transgender dan pemuda non-biner dilaporkan menjadi subjek diskriminasi karena identitas gender mereka. "Jelas bahwa kita perlu berbuat lebih banyak untuk mendukung orang-orang transgender dan non-biner, tidak membatalkan identitas mereka, dan tidak menyebabkan kerugian lebih lanjut," pungkasnya.



Simak Video "JK Rowling Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Beri Dukungan ke Salman Rushdie"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT