Disney Kolaborasi dengan Raksasa Penerbitan Manga Kodansha Jepang

ADVERTISEMENT

Disney Kolaborasi dengan Raksasa Penerbitan Manga Kodansha Jepang

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 01 Des 2022 20:28 WIB
Manga Tokyo Revengers
Foto: Istimewa
Jakarta -

Disney mengembangkan sayapnya melalui kolaborasi dengan raksasa penerbitan manga Kodansha Jepang. Keputusan itu dibagikan pihak The Walt Disney Company saat ajang Disney Content Showcase yang digelar di Marina Bay Sands, Singapura.

Dalam festival berkelas Asia-Pasifik itu, mereka mengungkapkan kerjasama itu terkait memproduksi deretan konten anime original yang bakal tayang dalam layanan streaming Disney+.

Dilansir dari berbagai sumber, kolaborasi diperluas mencakup lisensi judul anime eksklusif berdasarkan manga yang diterbitkan oleh Kodansha. Dimulai dengan Tokyo Revengers: Christmas Showdown Arc yang bakal tayang di Disney+ dan Disney+Hotstar pada Januari 2023.

Wakil Presiden Eksekutif Strategi Konten Disney di APAC, Carol Choi, mengatakan kolaborasi strategis itu begitu menarik.

"Anime Jepang mengisi ruang putih dalam rencana pengembangan konten kami. Kami yakin kolaborasi yang diperluas ini akan menjadi pengubah permainan dalam strategi animasi masa depan Disney di Jepang," katanya.

"Kami harap dapat membawa judul anime dan IP berharga dari Kodansha ke panggung dunia," sambung Carol Choi.

Anime Jepang seperti diketahui bersaing dengan pasar drama Korea. Disney pun berusaha untuk menjaring pelanggan di wilayah Asia-Pasifik yang berkembang.

Menurut konsultan Parrot Analytics, permintaan global untuk penayangan anime tumbuh 118 persen selama dua tahun terakhir. Anime menjadi salah satu genre konten yang bertumbuh secara cepat selama pandemi.

Raksasa penerbitan Kodansha di dunia dikenal memiliki lisensi sejumlah IP manga terkenal. Di antaranya ada Attack on Titan, AKIRA sampai Ghost in the Shell. Kemitraan keduanya sudah dimulai sejak 1950 ketika Kodansha merilis sejumlah manga berjudul Mickey Mouse, Pluto, Donald Duck, sampai Seven Dwarfs.

Sementara Disney+ bakal menampilkan lebih dari 50 pertunjukan dari konten streaming sepanjang 2023 mendatang.

"Kami fokus pada pengembangan konten yang kami sebut sebagai ruang putih konten kami. Berinvestasi di bidang ini membutuhkan kekhususan lokal, baik karena popularitas tinggi di pasarnya seperti anime Jepang, K-Drama atau rom-com sampai horor Indonesia," tukasnya.



Simak Video "Disney Pastikan Princess Diaries Akan Dibuat Lanjutan yang Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT