Hunter x Hunter <i>Comeback</i>, Komikus Ungkap Susahnya Gambar Ulang 1 Panel

ADVERTISEMENT

Hunter x Hunter Comeback, Komikus Ungkap Susahnya Gambar Ulang 1 Panel

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 16 Nov 2022 20:26 WIB
Manga Hunter x Hunter
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kembalinya manga Hunter x Hunter menjadi pembicaraan di industri komik Jepang. Setelah absen empat tahun lamanya hiatus, Hunter x Hunter terbit lagi di Jepang pada 24 Oktober 2022.

Komikus Yoshihiro Togashi pekan ini kembali berkicau susahnya menggambar ulang satu panel komik.

"Saya butuh waktu seminggu untuk menyelesaikan pengambilan ulang satu panel. Bab 398 seharusnya selesai Rabu ini, tapi belum juga kelar," cuit Yoshihiro Togashi dalam bahasa Jepang.

Selama ini, Yoshihiro Togashi terbuka mengenai masalah kesehatan yang dihadapi selama beberapa tahun terakhir. Tak lama setelah meluncurkan akun Twitter untuk menggoda kembalinya manga tersebut, dia merilis pernyataan menjelang pamerannya di Oktober.

"Saya tidak bisa duduk di kursi selama dua tahun, jadi saya juga tidak dapat menggambar. Saya juga membutuhkan waktu 3-5 kali lebih lama untuk melakukan gerakan sehari-hari," cuit Yoshihiro Togashi.

Pada Agustus lalu, dia juga sempat berkicau telah menambah staf untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya.

Manga Hunter x Hunter kembali terbit setelah hampir 4 tahun absen dalam edisi ke-47 yang rilis di majalah mingguan Shonen Jump milik Shueisha pada 24 Oktober 2022. Manga itu hiatus sejak November 2018 atau selama 3 tahun 11 bulan.

VIZ Media secara bersamaan menerbitkan bab-bab baru dalam Shonen Jump edisi bahasa Inggris dan telah menambahkan bagian lainnya ke versi digital. Pada 4 November, Hunter x Hunter volume ke-37 terbit.

Kembalinya manga Hunter x Hunter bakal melanjutkan Arc atau Busur Benua Gelap. Manga ini melanjutkan cerita setelah hiatus lamanya dengan memiliki sejumlah nyawa yang dipertaruhkan.

Cerita Hunter x Hunter merilis bab terakhirnya pada November 2018. Jeda ini merupakan waktu terlama yang pernah dilakukan Yoshihiro Togashi selama menggarap salah satu manga terpopuler tersebut.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT