Selain Black Cover, Ini 7 Manga yang Pernah Hiatus

ADVERTISEMENT

Selain Black Cover, Ini 7 Manga yang Pernah Hiatus

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 14 Nov 2022 16:20 WIB
Manga One Piece Volume 100
Foto: Tia Agnes/ detikcom
Jakarta -

Dalam industri komik Jepang, istilah hiatus atau terbit berhenti sementara lumrah terjadi. Biasanya penyebabnya karena kondisi komikus yang sakit maupun kelelahan atau alasan editorial lainnya.

Baru-baru ini, Black Cover mengumumkan hiatus selama dua minggu karena kondisi kesehatan sang mangaka. Manga Black Cover karya Yuki Tabata itu bakal kembali di edisi ke-52 Majalah Shonen Jump yang terbit pada 28 November 2022.

"Komikus Yuki Tabata sedang sakit yang kabar ini mendadak sekali," tulis keterangan Shonen Jump.

Sebelum Black Cover, berikut 7 manga yang pernah hiatus selama beberapa minggu sampai bertahun-tahun lamanya dengan aneka alasan lainnya. Di antaranya adalah:

1. Hunter x Hunter

Sejak 24 Oktober, manga Hunter x Hunter resmi terbit lagi setelah hiatus hampir 4 tahun lamanya. Manga yang dibuat oleh Yoshihiro Togashi itu menjadi perbincangan publik sejak awal Mei karena sang komikus membuat akun Twitter dan menegaskan bakal comeback.

Ada sejumlah alasan yang membuat Hunter x Hunter hiatus, salah satunya sakit punggung yang dialami Yoshihiro Togashi sampai membuatnya tak bisa ke kamar mandi sendirian.

2. One Punch Man

Agustus lalu, manga One Punch Man juga mengumumkan hiatus. Komik yang diciptakan oleh ONE dan Yusuke Murata itu baru saja mengakhiri Arc Garou yang digarap selama 7 tahun lamanya. Tak hanya alasan jeda untuk istirahat saja, tapi Yusuke Murata juga menyebutkan hiatus karena menyiapkan Arc terbaru.

3. Chainsaw Man

Manga Chainsaw Man yang mendapat penghargaan sebagai komik Jepang terbaik di Amerika Utara itu juga pernah mengumumkan hiatus. Mangaka Tatsuki Fujimoto mengambil jeda untuk menambah jumlah halaman dalam satu bab dan menggambar sampulnya sehingga butuh waktu lebih lama lagi.

Ketika hiatus, ia berjanji bakal kembali dengan karya yang lebih baik lagi. "Saya akan melakukan yang terbaik. Itu berarti ada banyak alasan untuk terus bersemangat mengerjakan yang selanjutnya," tegasnya.

4. Kobo-chan

Manga Kobo-chan yang dibuat oleh Masashi Ueda juga pernah hiatus karena masalah kesehatan. Tapi hiatus itu terbilang sementara karena komiknya kembali terbit.

5. Boruto: Naruto Next Generations

Boruto: Naruto Next Generations juga pernah hiatus selama satu bulan pada Juli 2022, menyusul rilisnya bab terbaru yang terbit. Serialnya terbit lagi di bulan Agustus dengan penerbitan bab ke-72.

6. One Piece

Eiichiro Oda juga tak kalah dari komik lainnya. Manga yang sukses merajai posisi pertama di dunia itu kerap hiatus karena masalah kesehatan Oda dan keinginan untuk rehat sejenak karena bab-nya selalu terbit setiap pekan.

7. My Hero Academia

Saat menuju klimaks, manga My Hero Academia tiba-tiba saja mengumumkan hiatus. Komik yang dibuat oleh Kohei Horikoshi itu hiatus pada April 2022. Pembaca harus menunggu bagaimana rencana pelarian Izuku berjalan saat Froppy memasuki medan pertempuran melawan Toga, sementara pahlawan lainnya dari UA Academy juga sedang sibuk.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT