Ternyata Pidi Baiq Buat 3 Naskah Buat Novel Ancika

ADVERTISEMENT

Ternyata Pidi Baiq Buat 3 Naskah Buat Novel Ancika

Tia Agnes Astuti - detikHot
Minggu, 23 Okt 2022 16:10 WIB
Pidi Baiq saat Ditemui di XXI cihampelas walk, Bandung, Jawa Barat, Senin (20/3/2017)
Pidi Baiq. Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta -

Pidi Baiq dikenal sukses mengenalkan karakter Dilan dan Milea di medium buku sampai sukses diadaptasi ke layar lebar. Dilan dan Milea bukan sekadar tokoh fiksi belaka namun penciptanya terinspirasi dari kisah nyata.

Editor novel Ancika dari Pastelbooks (Mizan Group), Ilham Miftahuddin menceritakan soal di balik layar proses pembuatan novel Ancika yang terbilang unik.

"Kan memang ceritanya sudah tamat ya, sebenarnya rahasianya Ancika itu ada 3 manuskrip (naskah)," ungkap Ilham Miftahuddin saat perayaan 40 tahun Mizan 'Menuju Titik Terang' di M Bloc Space, kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Pidi Baiq, lanjut Ilham, membuat satu draf yang sudah selesai, lalu dia membuat lagi draf lainnya.

"Tapi ketika selesai draf kedua, bikin lagi draf ketiga tapi balik lagi ke draf satu, dan dikombinasikan ke draf kedua. Itulah ayah," kata Ilham disambut tawa penonton yang hadir.

Menurut Ilham, menjadi editor bagi buku-buku Pidi Baiq bukan sekadar hubungan profesional antara penulis dan pembaca saja, namun juga posisinya melebihi itu.

"Kita kayak teman tongkrongan. Misalnya abis ngedit, ayah ngomong kayaknya seru nih kita main merpati di rumah, kata Ayah. Atau kayaknya bagus nih bikin lagu, ayo ke studio musik, jadi nggak kebanyakan membaca naskah," lanjutnya.

Cerita unik lainnya adalah jika biasanya penyunting mengedit naskah penulis ketika draf selesai sampai layak terbit. Tapi berbeda dengan cara Pidi Baiq.

"Kalau Ayah itu minta dibacakan satu atau dua bab dulu, diiringi musik klasik dari Hongaria atau Rusia, yang sekiranya mengganggu dan dianggap nggak logis nih, kalau loncat gitu. Ya dihapus, cara kerjanya kayak gitu," sambung Ilham.

Sebelumnya, novel Ancika yang diketahui sebagai pacar Dilan setelah Milea itu terbit resmi pada 22 September 2021. Novel kelanjutan dari trilogi Dilan itu mengisahkan tentang Ancika yang muncul ke dalam kehidupan Dilan.

Pidi Baiq menceritakan ada banyak hal yang menjadi perbedaan ketimbang novel-novel sebelumnya.

"Gaya bahasa dan latar belakangnya juga beda. Kalau rindu mah tetap bilang rindu, namanya perempuan. Sama-sama perempuan tapi beda cara mengungkapkannya saja. Ada yang ekspresif, ada yang introvert," kata Pidi Baiq.

Tapi ada satu alasan yang membuat penggarapannya sampai 5 tahun lamanya. "Dia (Ancika) bentar-bentar minta ditulis ulang atau koreksi," kata novelis Drunken Monster itu sembari tertawa.

Pidi Baiq baru saja menerbitkan buku kutipan inspiratif nan romantis yang berjudul Hidup Ini Terlalu Banyak Kamu. Buku yang juga diterbitkan oleh Pastelbooks itu sudah tersedia di toko buku.



Simak Video "Yuyun Sukawati Terdorong Nyaleg karena Pernah Jadi Korban KDRT"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT