Taman Dilan Diresmikan di Bandung, Pidi Baiq Cerita Proses Pembangunannya

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 20 Jan 2022 09:35 WIB
Taman Dilan Diresmikan di Bandung
Taman Dilan diresmikan di Bandung, Jawa Barat. Foto: Taman Dilan/ Instagram
Jakarta -

Pidi Baiq memberikan kabar bahagia bagi penggemar Dilan dan Milea. Taman Dilan baru saja dirsmikan di kawasan Setiabudi, Bandung, dan berada di perbatasan antara Bandung dan Lembang, Jawa Barat.

Kabar itu dibagikan oleh novelis Dilan, Pidi Baiq dalam laman media sosial resminya. Pria yang akrab disapa Ayah oleh para penggemarnya itu membagikan foto-foto terkini Taman Dilan yang diresmikan tadi malam.

Dalam unggahan terbarunya, Pidi Baiq men-tag orang nomor satu di Indonesia yakni Presiden Jokowi lalu menceritakan proses pembangunan Taman Dilan.

"Assalamu'alaikum, Pak @jokowi ini Taman Dilan @tamandilan , tuh. Dibangun di atas tanah pribadi, milik teman saya, luasnya 10 hektar, di daerah Setiabudi, perbatasan antara Bandung dan Lembang. Orang kaya dia, Pak. Temen baik saya, loh," buka Pidi Baiq di unggahan terbarunya.

Pidi Baiq menceritakan seorang teman baiknya pernah menyambangi markas The Panasdalam di Jalan Ambon, Bandung, dan menemuinya. Ternyata teman itu meminta izin untuk membuat Taman Dian.

Gayung bersambut, Pidi Baiq pun mengiyakan permintaan tersebut. Dia punya syarat asalkan memakai uang sahabatnya dan Taman Dilan berguna bagi generasi muda untuk berkarya.

Jika perlu, lanjut Pidi Baiq, dibuatka studio untuk berbagai kegiatan workshop seperti aktivitas belajar menulis, musik, seni rupa, pertanian, film, filsafat, dan lain-lain.

Ruang pameran, perpustakaan, camping ground, sampai panggung pertunjukan itu juga dibangun oleh teman Pidi Baiq tersebut.

"Bikin juga ruang pameran, perpustakaan, bikin camping ground, bikin panggung pertunjukan dan bikin berbagai acara yang manfaat penuh gembira. Muliakan anak yatim atau piatu. Siap katanya. Eh, langsung dibikin, coba, Pak. Kaget saya. Dua bulan, jadi. Kemaren baru grand opening dan diresmikan oleh Bupati Bandung Barat, Kang Hengky Kurniawan @hengkykurniawan," ungkap Pidi Baiq.

[Gambas:Instagram]



Pidi Baiq mengatakan Taman Dilan sama sekali tidak dipungut biaya apa pun atau gratis. Dia mengajak siapa pun yang tertarik untuk mendatangi Taman Dilan.

Di akhir unggahan, Pidi Baiq memberikan tembusan kepada Presiden AS Joe Biden, petinju Mike Tyson, musisi Bob Dylan, sampai Mick Jagger.

Pidi Baiq menerbitkan novel Dilan: Dia Adalah Dilanku tahun 1990 pada April 2014 dan sukses besar di industri buku. Novel ini pun diadaptasi menjadi sebuah film yang berjudul sama, Dilan 1990. Setelah novel pertama rilis, buku selanjutnya pun terbit dan kembali lagi diadaptasi ke film.

Pada Agustus 2021, Pidi Baiq baru saja menerbitkan cerita kelanjutan dari seri novel Dilan. Novel yang berjudul Ancika: Dia yang Bersamaku di Tahun 1995 rilis setelah jeda 5 tahun usai tiga bukunya terbit.



Simak Video "Lengket Banget! Begini Kedekatan Vanesha Prescilla dan Pidi Baiq"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)