Pidi Baiq Bongkar soal Novel Ancika, Ada Satu Bab Dihapus

Tia Agnes - detikHot
Senin, 23 Agu 2021 10:06 WIB
Pidi Baiq saat Ditemui di XXI cihampelas walk, Bandung, Jawa Barat, Senin (20/3/2017)
Pidi Baiq segera menerbitkan novel Ancika Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta -

Bulan Agustus menjadi momen yang dinantikan oleh pembaca setia novel-novel Dilan. Tepat pada 17 Agustus 2021, penggemar Pidi Baiq mulai bisa membeli novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 di toko buku online.

Di saat gegap gempita prajual novel Ancika, penerbit Mizan dan Pastelbooks menggelar tanya jawab bersama para pembaca akhir pekan lalu.

Dalam sesi tanya jawab via Zoom, Pidi Baiq memberikan bocoran mengenai seluk beluk novel Ancika. Salah satunya tentang satu bab yang sengaja dihapus, benarkah?

"Iya (dihapus)," ungkap Pidi Baiq.

"Terlalu sinetron euy. Terlalu kok lebay banget sih, walaupun kenyataannya seperti itu," lanjut penulis yang tinggal di Bandung, Jawa Barat tersebut.

Menurut Pidi Baiq, semua cerita yang dituliskannya harus disaring dengan matang.

"Setiap manusia memang lebay, pasti ada di titik lebay itu makanya harus disaring. Akhirnya saya men-delete-nya," tegas Pidi Baiq.

Novel Ancika Karya Pidi BaiqNovel Ancika Karya Pidi Baiq Foto: Pastebooks/ Instagram

Sebelumnya di akhir Juli, Pidi Baiq membocorkan kalau naskah novel Ancika rampung dan siap diedit oleh penerbit. Penulis yang tinggal di Bandung itu membagikan kabarnya sembari men-tag akun resmi Presiden Jokowi dan Joe Biden.

"Alhamdulillah naskah novel Ancika sudah saya selesaikan, Pak. Tinggal dicetak. Ilustrasinya juga sudah semuanya saya bikin, tinggal di-setting. Seneng saya, Pak. Mudah-mudahan bapak juga seneng di sana dan sehat selalu," tulis Pidi Baiq di akun Instagram pribadinya.

Novel Ancika: Dia yang Bersamaku di Tahun 1995 merupakan kelanjutan dari seri buku populer Dilan 1990 yang terbit pada April 2014 dan sukses diadaptasi ke layar lebar. Dilan 1990 diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla.

Novel berikutnya Dilan bagian kedua: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 dan Milea: Suara dari Dilan juga menjadi buku terpopuler.

Karakter Ancika sudah dibocorkan sejak novel Dilan terakhir terbit. Dalam versi filmnya pun, Ancika sudah muncul di bagian akhir.



Simak Video "Lengket Banget! Begini Kedekatan Vanesha Prescilla dan Pidi Baiq"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)