ADVERTISEMENT

Nobel Sastra 2022 Akan Diumumkan 6 Oktober

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 26 Sep 2022 12:04 WIB
Nobel Sastra Diumumkan pada 6 Oktober 2022
Nobel Sastra 2022 bakal diumumkan pada 6 Oktober 2022 waktu setempat. Foto: Istimewa
Jakarta -

Penyelenggaraan Hadiah Nobel kembali digelar tahun ini. Nobel Sastra sebagai salah satu kategori yang paling dibicarakan bakal diumumkan pada 6 Oktober 2022.

Kabar itu dibagikan oleh akun resmi @TheNobelPrize, seperti dilihat detikcom.

"Bergabunglah dengan kami untuk pengumuman #NobelPrize 2022! Pengumuman tahun ini akan berlangsung dari 3-10 Oktober dan akan disiarkan langsung di https://nobelprize.org," cuit tim penyelenggara The Nobel Prize, Akademi Swedia.

10 hari lagi sampai pengumuman, hitungan mundur pun sudah dimulai. Anugerah pertama yang diberikan adalah Nobel Prize bidang Psikologi/ Kedokteran pada 3 Oktober. Berlanjut ke bidang kimia pada 4 Oktober, Kimia pada 5 Oktober, berlanjut kepada Sastra, Kedamaian sampai bidang Ekonomi untuk menghormati Alfred Nobel.

Salah satu tim dewan juri untuk Nobel Sastra, Ellen Mattson, yang juga berprofesi sebagai novelis dan anggota Komite Nobel menuturkan ada beberapa kriteria yang bisa dibagikan kepada publik.

"Kami memiliki orang-orang di seluruh dunia yang berhak untuk mencalonkan dan ini adalah cendekiawan, kritikus, juru bicara organisasi sastra, akademik, dan lain-lain. Pemenang sebelumnya dapat mencalonkan, dan tentu saja Akademi Swedia," kata Ellen Mattson, dilansir dari situs resmi Nobel Prize.

Menurut penjelasannya, siapapun bisa dicalonkan asalkan mereka menulis soal ranah sastra. Tapi yang terpenting mengenai kualitas sastra.

"Pemenangnya haruslah seseorang yang menulis literatur yang luar biasa, seseorang yang Anda rasakan ketika Anda Membaca bahwa semacam ada kekuatan, perkembangan yang berlangsung melalui buku. Tapi dunia ini penuh dengan penulis yang sangat baik dan luar biasa, Anda butuh sesuatu yang lebih untuk menjadi pemenang," katanya.

Sampai sekarang, Komite Nobel tidak membatasi usia bagi pemenang Nobel. "Dimungkinkan untuk menemukan pemenang yang berusia 30 atau 40 tahunan, tapi sangat tidak mungkin, karena Anda perlu waktu untuk berkembang. Ini adalah proses seumur hidup untuk mencapai tingkat keunggulan itu," tukasnya.

Jelang pengumuman, ada sejumlah nama yang kerap dinominasikan dalam Nobel Sastra. Di antaranya ada Haruki Murakami asal Jepang sampai Salman Rushdie yang masih dalam tahap pemulihan akibat peristiwa penikaman dan percobaan pembunuhan saat dia mengisi acara diskusi sastra di New York, AS.



Simak Video "Novelis Abdulrazak Gurnah Raih Nobel Sastra 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT