ADVERTISEMENT

Lama Menunggu! Akhirnya Manga Hunter x Hunter Terbit Lagi November

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 20 Sep 2022 19:45 WIB
Manga Hunter x Hunter
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah menunggu 4 bulan lamanya, akhirnya manga Hunter x Hunter bakal terbit lagi. Bagi kamu pencinta komik ciptaan Yoshihiro Togashi kini bisa bernapas lega.

Kabar bahagia itu dibagikan oleh akun Twitter resmi Penerbit Shonen Jump milik Shueisha.

"Volume terbaru dari manga Hunter x Hunter yang ke-37 karya Yoshihiro Togashi, setelah hiatus tidak terbit empat tahun akan diluncurkan di Jepang pada 4 November 2022," cuit Shonen Jump, seperti dilihat detikcom.

Saat ini, manga Hunter x Hunter disebut pihak penerbit masih memiliki 10 bab dari bab 381-399 yang belum diterbitkan.

Mangaka Yoshihiro Togashi awalnya menghebohkan pencinta manga karena muncul dengan membuat akun Twitter pribadi dan mengkonfirmasi kabar comeback Hunter x Hunter. Dia mengaku telah menyelesaikan 10 draf bab kasar untuk komik yang lama ditinggalkannya tersebut.

Tapi lambat laun, dia terus memperbarui bab dengan menggoda kemajuan dari manga Hunter x Hunter. Tapi sebulan setelah muncul lagi, dia sempat dikritik netizen karena komiknya tak juga terbit.

Yoshihiro Togashi pun tidak secara spesifik menyebutkan kapan volume terbaru terbit. Tapi dalam sebuah wawancara, ia terus mengeluh masalah kesehatannya yang belum membaik.

Dia mengaku hiatus karena masalah pinggulnya yang sakit menahun dan terlalu lama beraktivitas ketika menggambar dan duduk. Ketika menyelesaikan bab terakhir, kondisinya masih sakit.

"Jadi saya memutuskan untuk menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk merawat diri saya sendiri," kata Yoshihiro Togashi.

"Saya tidak bisa duduk di kursi untuk menggambar selama dua tahun. Tapi saya berhasil melanjutkan menulis dengan cara tradisional dalam melakukan sesuatu. Semuanya tolong jaga pinggul Anda," sambungnya lagi.

Manga Hunter x Hunter hiatus sejak November 2018. Manga ini kembali hiatus di September 2018 setelah beberapa kali mengalami jeda.

Di industri manga, Yoshihiro Togashi dikenal sebagai mangaka ternama. Dia meluncurkan Hunter x Hunter pada 1998 dan menginspirasi dua serial anime, dua film, dan beberapa live-action. Shueisha terakhir kali merilis volume ke-36 pada Oktober 2018 di Jepang.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT