ADVERTISEMENT

Akhirnya! Manga Hunter x Hunter Selesai Digarap

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 06 Sep 2022 11:09 WIB
Manga Hunter x Hunter
Foto: Istimewa
Jakarta -

Lama menunggu, akhirnya mangaka Hunter x Hunter, Yoshihiro Togashi, menyelesaikan bab per bab dari komik yang diciptakannya. Sejak akhir Mei lalu, pembaca setia Hunter x Hunter sudah menunggu lama kelanjutan dari manga yang hiatus selama 4 tahun tersebut.

Kabar penyelesaian volume manga Hunter x Hunter dibocorkan oleh penerbit Shonen Jump.

"Yoshihiro Togashi menegaskan kecuali untuk satu halaman ganda, pekerjaan volume berikutnya dari Hunter x Hunter sekarang selesai," cuit Shonen Jump, seperti dilansir dari detikcom, Selasa (6/9/2022).

Manga Hunter x Hunter kembali dibicarakan para penggemarnya sejak akhir Mei lalu. Mangaka Yoshihiro Togashi mengejutkan fandom karena meluncurkan akun Twitter pribadi setelah hiatus.

Setiap harinya, pengikut akun pribadinya terus bertambah dan nama Yoshihiro Togashi didaulat menjadi mangaka Jepang yang paling banyak dibicarakan selain Eiichiro Oda.

Alasan Yoshihiro Togashi hiatus ternyata karena masalah kesehatan. Dia mengaku pinggulnya sakit menahun karena terlalu lama beraktivitas ketika menggambar dan duduk.

Saat menyelesaikan bab 399, ia mengatakan kondisi kesehatannya belum membaik. "Jadi saya memutuskan untuk menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk merawat diri saya sendiri," sambungnya.

Setelah 3 bulan mengumumkan bakal comeback, Yoshihiro Togashi diserang fans karena ketidakjelasan komiknya. Dalam sebuah wawancara, dia menuturkan ada penyebab yang membuat dirinya hiatus sampai tidak bisa menggambar.

"Saya tidak bisa duduk di kursi untuk menggambar selama sekitar dua tahun. Tapi saya telah berhasil melanjutkan menulis dengan cara tradisional dalam melakukan sesuatu. Semuanya tolong jaga pinggul Anda," kata Yoshihiro Togashi.

Di industri manga, nama Yoshihiro Togashi tidak hanya dikenal sebagai pembuat Hunter x Hunter. Tapi ia juga membuat Yu Yu Hakusho yang segera diadaptasi jadi live action oleh Netflix.



Simak Video "Gading Marten Ungkap Nasihat yang Selalu Diberikan Ibunda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT