ADVERTISEMENT

Mangaka Hunter x Hunter Posting Kondisi Terkini, Kesehatannya Belum Membaik

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 16 Agu 2022 12:35 WIB
Manga Hunter x Hunter
Foto: Istimewa
Jakarta -

Mangaka Hunter x Hunter, Yoshihiro Togashi, tiba-tiba saja memposting kondisi kesehatan terkini. Di tengah kabar comeback manga Hunter x Hunter sejak Mei lalu, ia siap kembali menerbitkan bab terbaru dan sejumlah agenda lainnya.

Tapi tampaknya kondisi kesehatannya semakin mengkhawatirkan. Ketika mengunggah pembaruan singkat tentang bab 399, dia juga menceritakan mengenai kondisinya.

"Kesehatan saya belum baik," cuit Yoshihiro Togashi, seperti dilihat detikcom.

"Jadi saya memutuskan untuk menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk merawat diri saya sendiri," sambungnya.

Di bab 399 manga Hunter x Hunter, dia pun meminta tolong kepada asisten untuk memberikan efek latar belakang dalam panel manganya.

"Saya telah melakukan satu bingkai. Saya tidak dapat mengerahkan kekuatan ke tangan kanan saya, dan saya benar-benar merasa kesakitan," kata Yoshihiro Togashi.

Gara-gara cuitan tersebut, para pembaca setianya berharap dia segera sembuh dan bisa istirahat dengan tenang. Ini bukan pertama kalinya, sang mangaka memposting mengenai kesehatannya yang buruk.

Ketika Hunter x Hunter posting hiatus bertahun-tahun yang lalu, ia mengaku fokus kepada masalah kesehatan. Awal tahun ini, para penggemar gembira karena sang seniman membuat profil dan akun Twitter lalu berbicara kepada penggemar akan menerbitkan lagi manga Hunter x Hunter.

Dalam wawancara baru-baru ini, Yoshihiro Togashi menjelaskan masalah kesehatannya akibat terlalu lama duduk ketika menggambar. Dia mengalai masalah punggung dan tidak bisa menggunakan kamar mandi secara normal.

Setelah 3 bulan mengumumkan bakal comeback, Yoshihiro Togashi diserang fans karena ketidakjelasan komiknya. Dalam sebuah wawancara, dia menuturkan ada penyebab yang membuat dirinya hiatus sampai tidak bisa menggambar.

"Saya tidak bisa duduk di kursi untuk menggambar selama sekitar dua tahun. Tapi saya telah berhasil melanjutkan menulis dengan cara tradisional dalam melakukan sesuatu. Semuanya tolong jaga pinggul Anda," kata Yoshihiro Togashi.

Di industri manga, nama Yoshihiro Togashi tidak hanya dikenal sebagai pembuat Hunter x Hunter. Tapi ia juga membuat Yu Yu Hakusho yang segera diadaptasi jadi live action oleh Netflix.



Simak Video "Mengapa Tak Ada Harry-Meghan di Foto Terbaru Keluarga Kerajaan Inggris?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT