ADVERTISEMENT

Kesehatan Belum Pulih, Mangaka Hunter x Hunter Akhirnya Tambah Staf

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 01 Sep 2022 08:44 WIB
Manga Hunter x Hunter
Foto: Istimewa
Jakarta -

Nama mangaka Yoshihiro Togashi menjadi pembicaraan sejak Mei lalu karena pengumuman comeback manga Hunter x Hunter. Sayangnya setelah vakum terbit 4 tahun, kesehatannya belum benar-benar pulih.

Di tengah pertanyaan netizen mengapa manga Hunter x Hunter belum juga rilis, dia kini membuat pernyataan menambah staf atau asisten untuk membantunya. Hal itu terungkap dalam akun Twitter pribadinya.

"Saya memutuskan untuk menambah staf," cuit Yoshihiro Togashi seperti dilihat detikcom.

Cuitan itu mengikuti pembaruan kesehatan yang mengkhawatirkan sejak awal bulan ini. Sang komikus diketahui kondisinya tidak membaik dan kesakitan karena masalah kebiasaan menggambar selama ini yang mengakibatkan punggungnya kesakitan.

"Kamu mungkin berpikir, 'Ayo menggambar bab selanjutnya'. Benar, saya tidak dapat duduk di kursi selama 2 tahun, yang membuat saya tidak bisa menggambar tapi dengan membuang metode konvensional ke pinggir jalan, saya dapat melanjutkan menggambar entah bagaimana," kata Yoshihiro Togashi dalam pernyataan terbukanya.

"Semuanya, saya dengan tulus meminta Anda untuk menjaga punggung dan pinggulmu. Hanya dua minggu sebelum menulis pesan ini, saya tidak bisa mengambil posisi untuk menyeka pantat saya dan harus mandi setiap kali buang air besar. Butuh 3-5 kali lebih lama bagi saya untuk melakukan gerakan sehari-hari. Ingat, pinggulmu itu penting," sambungnya.

Yoshihiro Togashi juga mengatakan bab 399 dan bab 400 akan tetap digarap sesuai rencana. Penambahan staf juga tidak dibuka rekrutmen secara terbuka.

Pada Mei lalu, Yoshihiro Togashi berkomentar di majalah Shonen Jump Shueisha bahwa dia telah menyelesaikan draf kasar untuk 10 bab.

Manga ini telah hiatus sejak November 2018 dan kembali hiatus lagi di September 2018. Lalu manga Hunter x Hunter hiatus lagi pada April 2018.

Manga ini pernah beberapa kali hiatus dan Togashi memang saat itu merencanakan bakal melanjutkan manga. Sebelum akhirnya hiatus selama 4 tahun, Yoshihiro Togashi kini benar-benar membuktikan comeback.



Simak Video "Gading Marten Ungkap Nasihat yang Selalu Diberikan Ibunda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT