ADVERTISEMENT

Rekor Lagi! Manga One Piece Terjual 500 Juta Kopi di Dunia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 04 Agu 2022 12:44 WIB
Manga One Piece Volume 99, 100, dan 101
Foto: One Piece/ Istimewa
Jakarta -

Manga One Piece mencapai tonggak sejarah lagi di pertengahan tahun ini. Penerbit Shueisha mengumumkan manga yang diciptakan oleh Eiichiro Oda laku terjual sebanyak 500 juta kopi di dunia sejak perilisan volume ke-103.

Di Jepang, manga One Piece laku sebanyak 417 juta eksemplar dan 100 juta kopi lagi tersebar di 60 negara.

Dengan angka penjualan terbaru, maka manga One Piece memecahkan rekor lagi dari Rekor Dunia Guinness pada Juni 2015. Saat itu, manganya laku 320 juta eeksemplar di dunia.

Rekor dunia itu disebutkan untuk salinan terbanyak yang diterbitkan serial manga yang sama oleh satu penulis.

"Dengan pengumuman jumlah statistik penjualan hari ini, manga tersebut telah memperbarui Guinness World Record-nya," tulis Shueisha dalam laman resminya.

Eiichiro Oda diketahui baru saja memulai Arc Final manga One Piece sepekan yang lalu. Sebelumnya, dia mengumumkan mengambil istirahat sementara waktu atau hiatus selama sebulan dan kembali terbit di 25 Juli.

Pada Juli 2021, manga One Piece diketahui memiliki 490 juta kopi yang beredar di dunia. Sejak Agustus 2020, Majalah mingguan Shonen Jump menggoda para penggemarnya kalau manga One Piece sedang menuju saga terakhir. Arc Wano Country pun berakhir dengan sukses, ditandai kekalahan dari Kaido, Big Mom, dan para sekutunya.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Oda menuturkan manga One Piece dipastikan selesai dalam waktu 3 tahun lagi. Hal tersebut diucapkan ketika diwawancarai oleh mangaka Gosho Aoyama yang dikenal sebagai pencipta Detective Conan.

"Karena jawabannya akan membuat para pembaca terkejut, tapi sekarang dengan pasti saya bisa menjawab manga One Piece akan berakhir 3 tahun lagi," tegas Oda.

Gosho Aoyama kembali menggoda Eiichiro Oda. "Tapi kan kamu tidak pernah tahu," katanya.

"Karakter bertumbuh dan berkembang sangat banyak," ungkap Gosho Aoyama.

"Kita semua adalah navigatornya," jawab Oda.

Tahun ini, One Piece juga merayakan 25 tahun terbitnya manga. Eiichiro Oda mengunggah video emosional perjalanan One Piece yang penuh makna ke channel YouTube pribadinya.

Serial manga One Piece mulai terbit perdana pada 22 Juli 1997 dan sukses dicetak mencapai volume ke-1000 akhir bulan lalu. Manga One Piece pun sudah mencapai bab ke-1055 yang terbit pekan lalu.



Simak Video "Kebahagiaan Netizen Sambut One Piece Chapter 1000"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT