ADVERTISEMENT

Eiichiro Oda Kenang Momen saat One Piece Lahir dan Kalahkan Dragon Ball

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 29 Jul 2022 18:46 WIB
Eiichiro Oda, mangaka One Piece.
Mangaka Eiichiro Oda Foto: Dok. Instagram/eiichiro.oda
Jakarta -

Siapa sih yang tak kenal manga Dragon Ball? Di dekade 1990-an, Dragon Ball dan Slam Dunk menjadi manga shonen terpopuler dan paling diminati para pencinta komik Jepang.

Manga ciptaan Akira Toriyama itu pun masuk ke dalam posisi 10 besar teratas. Bahkan di tahun ini, melalui polling dari situs ranking.net, Dragon Ball jadi shonen terbaik sepanjang masa.

Setelah berakhirnya Majin Buu Saga dan Arc End of Z, pembaca yakin tak ada sekuel maupun spin-off yang terbit. Maka, ketika manga One Piece lahir pada 1997, pencinta komik bersuka cita.

Mangaka Eiichiro Oda mengenang kembali momen saat manga One Piece lahir. Saat itu, dia tak menyangka One Piece bakal mengganti Dragon Ball dan Slam Dunk.

"One Piece mulai terbit di tahun 1997, jadi dua tahun setelah Dragon Ball berakhir. Itu mengejutkan bagi kita semua. Semua pendatang baru seperti 'saya ingin tempat itu', 'saya ingin terpopuler'," ungkap Eiichiro Oda dalam sebuah wawancara dengan Gosho Aoyama.

Di periode tersebut, lanjut Eiichiro Oda, semua mangaka di Jepang saling bersaing agar menempati hati di para pembacanya.

"Setelah dua tahun semua orang menyadari bahwa membandingkan diri mereka dengan Dragon Ball, seperti meminta dikalahkan dan entah bagaimana saya berhasil bertahan dari itu semua," sambung Oda.

Oda menuturkan saat itu penerbit Shonen Jump merasakan efek kehilangan serial shonen terpopuler Dragon Ball. Ketika mereka frustasi, dan datanglah Eiichiro Oda dengan manga One Piece hal itu berubah kembali.

"Pada saat itu, Jump telah kehilangan Dragon Ball dan Slam Dunk dan sedang menuju ke titik terendah dalam sejarah. Sampul Jump yang berisi bab pertama One Piece ditampilkan di sebuah surat kabar yang berjudul 'Majalah akan menaungi Jump' sebagai satu kesatuan. Bukannya itu salahku atau apa, tapi aku ingat aku merasa sangat frustrasi, mengapa tidak judul One Piece," pungkasnya.

Kini manga One Piece sukses menempati posisi pertama dalam industri komik Jepang selama lebih dari dua dekade. One Piece juga baru saja merayakan 25 tahun perayaan dan hiatus selama sebulan. Manga One Piece kini memasuki Arc Final dan bakal selesai ceritanya 3 tahun lagi.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT