ADVERTISEMENT

3 Fakta Komikus Manhwa Solo Leveling yang Meninggal

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 26 Jul 2022 10:38 WIB
Manhwa Solo Leveling
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kabar duka menimpa industri komik Korea atau manhwa. Komik Solo Leveling yang terpopuler di dunia kini harus ditinggalkan oleh ilustratornya, Jang Suk Rak atau lebih dikenal dengan nama DUBU.

Dia diketahui meninggal karena sakit kronis yang diidapnya beberapa waktu belakangan. Jang Suk Rak meninggal pada 23 Juli 2022.

Berikut 3 fakta soal meninggalnya ilustrator manhwa Solo Leveling, seperti dirangkum redaksi:

1. Kematian Mendadak

Kabar duka ini dibagikan oleh Redice Studio yang menaungi Jang Suk Rak berkarya. Ia dikabarkan meninggal karena kondisi kesehatan yang terus menurun. Lewat akun Twitter resmi, Redice Studio mengumumkan kabar duka tersebut.

"Pada 23 Juli, ilustrator Jang Sung Rak (DUBU), ilustrator webtoon Solo Leveling, meninggal mendadak karena kesehatannya yang memburuk. Dan keluarga menginginkan pemakaman mendiang secara pribadi hanya untuk anggota keluarga dan teman dekat saja," bunyi pernyataan Redice Studio.

Selama beberapa tahun terakhir, dia diketahui mengidap penyakit kronis. Tapi pihak studio tidak memberikan detail lebih lanjut.

2. Sakit yang Diidap

Redice Studio juga mengatakan Jang Suk Rak sudah lama mengidap suatu penyakit kronis.

"Jang Sung Rak sudah lama menderita penyakit kronis dan meninggal karena pecahnya pembuluh darah di otak secara tiba-tiba. Terima kasih kepada semua pembaca yang telah memberi kami banyak cinta. Tolong bantu untuk berdoa agar dia pergi ke dunia yang lebih baik," lanjut pernyataan dari Redice Studio.

3. Sosok Penting di Industri Manhwa

Jang Suk Rak merupakan ilustrator atau komikus yang terkenal berkarya dengan banyak manhwa dengan genre fantasi. Sejak Maret 2018, dia menggambar manhwa Solo Level dari versi adaptasi novel yang ditulis oleh Chugong.

Goresan gambarnya mampu mewujudkan visualisasi yang berkualitas dan membuat Solo Leveling makin dikenal lewat platform Webtoon.

Manhwa Solo Leveling pertama kali terbit pada 2016. Lalu dua tahun kemudian, Jang Sung Rak mengadaptasi manga tersebut ke webtoon yang dapat dibaca di KakaoPage (atau Webtoon). Sejauh ini, sudah ada lima volume yang diterbitkan.

Dalam acara Anime Expo 2022, diumumkan bahwa Solo Leveling akan diangkat menjadi anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures. Anime tersebut akan ditayangkan pada 2023 di situs Crunchyroll.

Dalam sebuah wawancara, ia menyatakan akhirnya manhwa Solo Leveling bisa debut sebagai anime.

"Solo Leveling akhirnya debut sebagai anime. Rasanya baru kemarin kami mendapatkan tawaran untuk adaptasi anime. Saya merasa begitu kewalahan ketika saya memikirkan kalau anime-nya benar-benar dibuat sekarang. Semua ini berkat kalian semua, penggemar yang suka dan mendukung Solo Leveling. Saya dipenuhi rasa syukur. Terima kasih banyak. Juga, tolong dukung tim produksi animasinya. Kalau anime ini memberikan kesenangan baru kepada para pembaca, saya akan sangat bahagia," tukas Jang Suk Rak.



Simak Video "Ziva Magnolya Rilis Album Perdana Bertajuk 'Magnolya'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT