ADVERTISEMENT

Komik Peninggalan Stan Lee 'Alliance: Orphans' Bakal Rilis

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 21 Jul 2022 13:04 WIB
Komik Stan Lee
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah Stan Lee meninggal pada 12 November 2018, ada polemik mengenai warisan hak cipta komik-komik yang pernah dibuatnya. Banyak pihak yang mengklaim atas karya-karyanya namun ada juga warisan komik yang belum pernah terbit.

Salah satunya adalah komik Alliance: Orphans yang akan diterbitkan oleh penerbit Dynamite pada 5 Oktober 2022.

Stan Lee merupakan pencipta komik tersebut, dengan gambar oleh Bill Sienkiewicz, Szymon Kudranski, dan sejumlah seniman lainnya. Perwakilan penerbit Dynamite, Nick Barrucci, mengatakan alam semesta Alliances akan dikembangkan lagi.

"Proyek ini adalah keberuntungan yang luar biasa karena di tahun yang sama dengan perayaan 100 tahun Stan Lee, seorang pria yang punya pengaruh di dunia komik," katanya dilansir berbagai sumber.

Komik Alliances merupakan kredit asli dari peninggalan Stan Lee. Sebelum sang maestro komik meninggal, pihak penerbit sudah mendiskusikan banyak hal.

"Ketika kami mendiskusikan cerita kosmik ini dengan Stan Lee, dia sering melihat ke atas, menunjuk langit, dan ide itu datang kepadanya. Ia seperti seorang pesulap yang melambaikan tangannya," ungkap Nick Barrucci.

Proyek semesta komik Alliances itu menjadi aliansi bintang yang berbeda dari kisah lainnya.

"Kami sudah memikirkan ide cerita komik inni selama bertahun-tahun lamanya. Inilah saatnya untuk menerbitkannya," tegasnya lagi.

Sebelumnya pada Februari 2021 dikabarkan ada perseteruan antara Stan Lee dan putrinya JC Lee yang terungkap dalam buku True Believe: The Rise and Fall of Stan Lee.

Komik Stan LeeKomik Stan Lee Foto: Istimewa

Usai Stan Lee meninggal dunia, JC Lee pun mendapatkan seluruh harta warisan peninggalan tokoh legenda di balik komik-komik Marvel tersebut. Namun sepertinya hal itu masih kurang baginya.

JC Lee mengklaim perusahaan POW! Entertainment membajak hak cipta ayahnya, Stan Lee, yang seharusnya berada di dalam naungan Stan Lee Media.

Tapi pengadilan mengatakan Stan Lee Media tak punya kuasa lagi. POW! Entertainment juga merasa tidak membajak hak cipta orang nomor satu di industri Marvel tersebut.

"Pengadilan mendesak agar para pihak untuk memperlakukan warisan Stan Lee dengan hormat dan berhenti melakukan litigasi yang tidak pantas. Stan Lee adalah seorang pahlawan super dengan haknya sendiri dan bertugas menginspirasi kita," ucap hakim, dilansir dari berbagai sumber.



Simak Video "1 Halaman Komik Spider-Man 1984 Laku Jutaan Dolar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT