ADVERTISEMENT

Demi Samex, Risa Saraswati Wawancarai Keluarga Besar

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 13 Jul 2022 13:29 WIB
Penulis Buku Horor Risa Saraswati
Risa Saraswati menerbitkan buku Samex: Sawarga Malapetaka awal pekan ini. Foto: Rengga Sancaya/ detikcom
Jakarta -

Risa Saraswati baru saja menerbitkan buku horor berjudul Samex: Sawarga Malapetaka awal pekan ini. Sosok Samex yang ada di dalam buku ke-19 itu merupakan sosok yang paling menakutkan dan meneror keluarga besarnya.

Demi menyelesaikan naskah buku Samex yang ditulis selama tiga bulan, dia harus mewawancarai keluarga besarnya.

"Saya harus mencari tahu bagaimana beliau meneror kita semua, sekeluarga. Buat om dan tante, atau kakek dan nenek saya, ini bukan sesuatu hal yang baru (terornya)," kata Risa Saraswati kepada detikcom di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut penuturan Risa, keluarganya sudah menceritakan segala aspek tentang sosok Samex. Dia pun harus mem-filter semua informasi yang ada untuk menjadi sebuah buku.

"Penulisan buku ini yang paling berkesan buat saya, ibu saya dalam keadaan vegetatif sakit seperti sekarang ini, yang mendorong saya untuk merilis karya baru," terang Risa.

Dari cerita sang ibunda ketika remaja dan bertemu sosok Samex semasa hidup, Risa mendapatkan banyak cerita soal masa lalunya. Bahkan om, tante, kakek, hingga nenek juga menceritakan hal sama.

"Teror ini sudah terjadi di tahun 1980-an, memang ibaratnya flashback cerita keluarga sih. Saya juga harus mencari tahu kenapa bisa sampai menimpa terornya ke tim Jurnal Risa yang sekarang," sambungnya.

Perempuan yang awalnya dikenal sebagai musisi dan penulis cerita horor itu mengatakan sosok Samex yang mengintainya kali ini merupakan yang paling menakutkan, di antara semua makhluk tak kasat mata yang pernah ditemuinya.

"Ini adalah sosok yang meneror keluarga dan pendahulu kita, yang bisa dibilang paling menakutkan," tegasnya.

Samex meneror semua anggota keluarganya, termasuk generasi muda Jurnal Risa. Ketika sosoknya masih hidup, Samex kerap datang berkunjung ke rumah kakek, nenek, om, dan tantenya.

Sosok itu selalu bersilaturahmi, membawa oleh-oleh, sampai bercengkrama dengan keluarga. Bahkan sosok itu kerap menginap sebelum kembali ke rumahnya di luar kota.

Tapi setelah meninggal dunia, sosoknya tak pergi. Samex, begitu nama samarannya, kembali ke keluarga besar dan melakukan teror dengan penampakan menakutkan.

Sosoknya muncul dengan rambut berantakan, terkadang masih lengkap dengan kain kafan maupun anyaman rotan ketika jenazah seseorang dimakamkan. Mitosnya, lehernya terlilit sajadah panjang.

Kini buku Samex: Sawarga Malapetaka karya terbaru Risa sudah tersedia di toko buku.



Simak Video "Risa Saraswati dan Samex Si Peneror yang Menakutkan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT