Risa Saraswati Luncurkan Samex: Sawarga Malapetaka, Teror Mencekam Tiada Henti

ADVERTISEMENT

Risa Saraswati Luncurkan Samex: Sawarga Malapetaka, Teror Mencekam Tiada Henti

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 11 Jul 2022 18:24 WIB
Penulis Risa Saraswati
Risa Saraswati meluncurkan buku terbaru berjudul Samex: Sawarga Malapetaka. Foto: Rengga Sancaya/ detikcom
Jakarta -

Setelah vakum dua tahun lamanya, Risa Saraswati meluncurkan buku horor yang berjudul Samex: Sawarga Malapetaka. Samex merupakan nama sosok makhluk halus yang merupakan keluarga besar dari Risa dan tim Jurnal Risa yang menghantui tiada henti.

Buku horor Samex: Sawarga Malapetaka yang diterbitkan oleh Bukune resmi diluncurkan hari ini di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Ini adalah buku ke-19 yang saya terbitkan selama vakum saat pandemi kemarin," ucap Risa Saraswati saat peluncuran bukunya, Senin (11/7/2022).

Selama tiga bulan lamanya, Risa mencoba menulikan sosok hantu yang paling ditakuti oleh dirinya dan tim Jurnal Risa. Sejak dekade 1980-an, teror itu mulai menghantui keluarga besar mereka.

Khusus untuk buku Samex, Risa mencoba mewawancarai tante, om, sepupu, ibunda sampai kakek dan nenek untuk sosok tersebut. Semasa hidupnya sosok yang disamarkan menjadi Samex itu kerap datang berkunjung ke rumah kakek dan nenek.

Dia selalu silaturahmi, membawa oleh-oleh, dan bercengkrama dengan keluarga, bahkan menginap sebelum kembali ke rumahnya di luar kota. Dia menjadi bagian dari keluarga.

Cerita berubah ketika sosoknya meninggal. Dia tidak pergi dari keluarga namun menjadi hantu dengan penampakan yang menakutkan. Sosoknya sukses digambarkan seniman Tuhanzilla dengan rambut berantakan dan lehernya terlilit sajadah.

"Karena anggota keluarga kita juga, keluarganya masih ada. Tapi nama kami samarkan karena menjaga nama baik beliau. Semasa hidup, kami kenal baik tapi entah kenapa ketika berpulang berubah 180 derajat dan sampul buku ini cukup menggambarkan," sambungnya.

Nama Samex pertama kali muncul ketika Jurnal Risa syuting Podcast. Sosoknya sering muncul dan seakan-akan mereka memanggil. Tapi Risa membantahnya.

"Tak sengaja mengingat dan dia itu menjadi sering muncul seolah-olah kami memanggil. Lalu beliau merasa oh ada yang ingat dengan saya ya, setelah selesai dengan buku ini saya bilang ke kakek, 'Sudah selesai, kek'," kata Risa.

Risa pun meminta kepada para pembaca agar tidak takut ketika membaca buku Samex.

"Jangan khawatir buat kalian, jika membaca lalu terpikir hal yang lain, yang sebenarnya datang itu adalah hantu di sekitar kalian. Dan siapa pun yang ada di sekitar kalian, akan berwujud yang ada di kepala kalian," tukasnya.



Simak Video "Risa Saraswati dan Samex Si Peneror yang Menakutkan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT