ADVERTISEMENT

Yoshihiro Togashi Curhat Masalah Kesehatan, Penyebab Hunter x Hunter Hiatus

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 05 Jul 2022 11:20 WIB
Manga Hunter x Hunter
Komikus Yoshihiro Togashi curhat mengenai kondisi kesehatan yang menjadi penyebab manga Hunter x Hunter hiatus.Foto: Istimewa
Jakarta -

Kembalinya manga Hunter x Hunter karangan Yoshihiro Togashi membawa kabar gembira bagi pencinta komik Jepang dan Indonesia. Comeback-nya itu membuat trending di jagat maya Tanah Air selama beberapa pekan.

Tahun ini menjadi momentum berharga bagi Hunter x Hunter. Selain manganya yang kembali terbit, Yoshihiro Togashi mengumumkan bakal menggelar pameran seni di Galeri Pusat Seni Mori Tokyo mulai dari 28 Oktober 2022 sampai 9 Januari 2023.

Jelang berbagai comeback, Yoshihiro Togashi menceritakan penyebab yang membuat manga Hunter x Hunter hiatus sampai 4 tahun lamanya.

"Izinkan saya untuk mengumumkan rasa terima kasih saya yang tulus kepada Anda semua. Saya senang mengumumkan pameran seni Yoshihiro Togashi berjudul PUZZLE," bukanya dalam curhatan kepada penggemar, seperti dilihat detikcom.

Togashi menceritakan banyak penggemar yang memintanya untuk segera menggambar bab berikutnya. Tapi ia mengemukakan alasan yang membuatnya hiatus.

"Benar, saya tidak bisa duduk di kursi selama dua tahun, yang membuat saya tidak bisa menggambar. Tapi dengan membuang metode konvensional, saya bisa melanjutkan menggambar entah bagaimana caranya," katanya.

"Semuanya, saya dengan tulus memintamu untuk menjaga punggung dan pinggul. Hanya dua minggu sebelum menulis pesan ini, saya tidak bisa mengambil posisi untuk menyeka pantat saya dan harus mandi setiap kali saya buang air besar," tulis Yoshihiro Togashi.

Dia kembali mengatakan butuh 3 sampai 5 kali lebih lama untuk melakukan gerakan sehari-hari. "Pinggulmu sangat penting," tegasnya.

"Jika kamu berada di pameran dan menjatuhkan sesuatu, saya sarankan untuk mengambil postur sumo berjongkok saat mengambil barang tersebut. Hormat kami, Yoshihiro Togashi," katanya.

Di akhir curhatannya, ia menggambar dirinya sebagai anjing antropomorfik yang berbaring telentang sambil menggambar.

"Saat ini, saya hanya bisa menggambar dalam posisi ini," tegasnya.

Nantinya pameran seni Yoshihiro Togashi: Puzzle akan menampilkan lebih dari 350 karya seni manuskrip dan ilustrasi berwarna. Setelah digelar di Tokyo, eksibisi bakal dibawa keliling ke Osaka dan Fukuoka.

Nama Yoshihiro Togashi dikenal sebagai pencipta manga Hunter x Hunter, Yu Yu Hakusho, dan Level E. Pada Mei 2022, ia membuat akun Twitter untuk menggoda pembacanya akan kembalinya Hunter x Hunter.

Manga Hunter x Hunter hiatus sejak November 2018 dan pernah beberapa kali memutuskan berhenti terbit.



Simak Video "Kreator Manga Yu-Gi-Oh! Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT