ADVERTISEMENT

Aplikasi Jump+ Ekspansi Besar-besaran, Subtitel Bahasa Inggris Tersedia 2023

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 30 Jun 2022 14:26 WIB
Shonen Jump
Foto: Istimewa
Jakarta -

Penerbit Shonen Jump melalui Jump+ akan hadir lewat aplikasi digital. Selama beberapa tahun terakhir, penerbit Shonen Jump mendominasi pasar manga Jepang dan internasional.

Lewat Jump+, Shonen Jump ingin lebih mudah diakses oleh pembaca di seluruh dunia. Dimulai sebagai ekspansi digital Shonen Jump pada 2014, Jump+ mengembangkan identitas yang berbeda.

Saat ini Jump+ menjadi rumah bagi sejumlah judul manga besar, di antaranya SPY X Family, Chainsaw Man sampai Kaiju No.8. Pada 2023, Jump+ juga merencanakan bakal menyediakan terjemahan bahasa Inggris lebih banyak lagi.

Kabar itu dibagikan oleh media sosial resmi Shonen Jump, seperti dilansir dari berbagai sumber.

"Semua serial manga yang ada di aplikasi Shonen Jump+ akan tersedia terjemahan dalam bahasa Indonesia, yang juga terbit di MANGPlus mulai 2023," cuit Shonen Jump News.

Secara serentak akan terbit bersamaan di seluruh dunia kecuali China dan Korea. Artinya, pembaca setia Jump+ tidak perlu menunggu sehari lebih lama lagi ketimbang waktu Jepang.

Pasar manga di Jepang memang sedang mengekspansi besar-besaran secara global. Pada Januari 2019, aplikasi MANGAPlus menjadi situs terpopuler untuk membaca manga yang diluncurkan oleh Shueisha secara global.

Beritanya saat itu menghebohkan karena MANGAPlus mempublikasikan 50 judul komik secara gratis dan tidak memungut biaya apapun.

Para pecinta manga bisa membacanya dalam berbagai pilihan bahasa, mulai dari Inggris, Spanyol, Thailand, Portugis Brasil, Indonesia sampai Rusia.

Untuk bahasa Indonesia ada 5 manga yang bisa dibaca secara gratis. Ke depannya, Shueisha merencanakan bakal menambahkan lebih banyak konten dalam bahasa baru.

Layanan MANGAPlus memuat berbagai manga yang terbit setiap pekan sampai bulan. Ada Boruto: Naruto Next Generations yang kini mencapai bab ke-69 dan terbit kemarin di MANGAPlus.





Simak Video "Ini Mahar Pernikahan Kiki Amalia dan Agung Nugraha"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT