ADVERTISEMENT

Legenda Batman Meninggal di Usia 66 Tahun

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 17 Jun 2022 19:05 WIB
Legenda Komik Tim Sale Meninggal Dunia
Komikus Tim Sale yang berada di balik kepopuleran Batman meninggal dunia. Foto: Istimewa
Jakarta -

Komikus pemenang penghargaan Eisner yang juga di balik kepopuleran Batman: The Long Halloween dan Daredevil: Yellow meninggal dunia. Tim Sale tutup usia di umur 66 tahun.

Dilansir dari Comicbook, Jumat (17/6/2022), penyebab kematiannya belum terungkap. Tapi dari dua sumber berbeda, dia dikabarkan meninggal tadi malam dan berada di samping istrinya.

Sepanjang kariernya, Tim Sale dikenal karena banyak melakukan kolaborasi dengan penulis Jeph Loeb. Sejak tahun 1983, ia telah bekerja di dunia komik.

Namanya kian dikenal setelah merilis komik Batman: The Long Halloween #1 pada 1996. Selama ini, Tim Sale telah bekerja dengan Marvel Comics, DC Comics, Dark Horse, Harris Comics, dan Oni Press.

Karyanya telah menghiasi berbagai karakter superhero, di antaranya adalah Superman, Harley Quinn, dan Justice Society of America.

Bersama dengan komikus Jeph Loeb, ia menciptakan The Long Halloween, Challengers of the Unknown Must Die!, Superman for All Seasons, Batman: Dark Victory, Daredevil: Yellow, Spider-Man: Blue, Hulk: Grey, Catwoman: When in Rome, Captain America: White, dan mengerjakan edisi pertama serial antologi DC Solo.

Melalui akun Twitter komikus Tim Sale, kabar duka itu dibagikan.

"Dengan sangat sedih, Tim Sale meninggal dunia hari. Dia meninggal dengan cinta dalam hidupnya di sampingnya. Dia sangat mencintai kalian semua," cuit akun Twitter Tim Sale.

Lahir di Ithaca, New York, pada 1 Mei 1956, ia telah menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Seattle. Dia kuliah di Universitas Washington selama dua tahun sebelum pindah ke New York untuk kuliah seni visual lalu mendaftar di studio komik yang dijalankan oleh komikus Marvel, John Buscema.

Pada 1999, Tim Sale meraih penghargaan Eisner untuk cerita pendek terbaiknya. Dia juga mendapat Eisner untuk kategori novel grafis terbaik lewat karakter Batman dan Penciller/ Inker terbaik untuk komik Supeman for All Seasons dan Grendel Black, White, dan Red.



Simak Video "Siap-siap Sambut Hari Batman Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT