Novel Laris Karya Penulis India Ini Akhirnya Mendarat di AS

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 03 Jun 2022 20:02 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 26: Geetanjali Shree and Daisy Rockwell attend The 2022 International Booker Prize Winner Ceremony at One Marylebone on May 26, 2022 in London, England. (Photo by Shane Anthony Sinclair/Getty Images)
Novel Tomb of Sand karya novelis asal India, Geetanjali Shree, akhirnya bakal terbit di AS. Foto: Getty Images/Shane Anthony Sinclair
Jakarta -

Nama novelis Geetanjali Shree makin dikenal usai memenangkan penghargaan Booker Prize tahun ini. Penghargaan yang diberikan kepada penulis yang karyanya terbit di Inggris dan Irlandia memilih novel karya penulis asal India sebagai pemenang utama.

Setelah memenangkan penghargaan, novel Tomb of Sand rencananya bakal rilis di Amerika Serikat di akhir 2023. Bukunya diterbitkan oleh penerbit HarperCollins.

Pertama kali rilis pada 2018 di India lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di 2021, novel itu mendapat pujian sekaligus kritikan dari kritikus sastra.

Kini penerbit HarperCollins telah mengakuisisinya untuk pasar dan pembaca di Amerika Serikat. Editor HarperCollins mengaku terpesona dengan novel tersebut.

"Saya terpesona oleh orisinalitas buku itu, sebuah mahakarya sastra yang tidak pernah saya baca sebelumnya," kata editor Gretchen Schmid dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari AP, Jumat (3/6/2022).

Menurutnya, novelis Geetanjali Shree mampu menuliskan tentang kematian, kesedihan, dan trauma dengan cara yang bermakna dan mengharukan.

"Tapi dia juga bisa menuliskannya dengan cara menyenangkan dan lucu. Saya kagum dengan kekayaan dan permainan kata yang meriah dari terjemahan Daisy Rockwell," sambungnya.

Novel Tomb of Sand menceritakan kisah tentang seorang janda tua yang mengingat kembali pemisahan antara sejarah negaranya, India Britania ke India dan Pakistan pada 1947.

Buku ini aslinya ditulis dalam bahasa Hindi dan diterjemahkan oleh penerjemah Daisy Rockwell. Ini adalah buku pertama dalam bahasa India yang memenangkan Hadiah Buku Internasional yang diberikan untuk fiksi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.



Simak Video "Sahabat Sebut Hilman Hariwijaya Sempat Alami Stroke Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)