Salinan Novel The Handmaid's Tale Dicetak Tahan Api, Ini Kata Margaret Atwood

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 26 Mei 2022 10:28 WIB
LOS ANGELES, CA - SEPTEMBER 17:  Author Margaret Atwood, winner of the award for Outstanding Drama Series for The Handmaids Tale, poses in the press room during the 69th Annual Primetime Emmy Awards at Microsoft Theater on September 17, 2017 in Los Angeles, California.  (Photo by Alberto E. Rodriguez/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Novel klasik The Handmaid's Tale dicetak tahan api dan tidak bisa dibakar. Buku yang diterbitkan oleh Penguin Random House itu dicetak di seluruh Amerika Serikat dan tersedia terbatas.

Bagaimana tanggapan dari penulisnya, Margaret Atwood? Penulis asal Kanada yang muncul dalam video YouTube saat peluncuran salinan langka itu mendukung upaya penerbit.

"Di seluruh Amerika Serikat dan seluruh dunia, buku-buku dilarang dan dibakar. Jadi kami membuat edisi khusus buku yang telah ditentang dan dilarang selama beberapa dekade," katanya.

"Buku ini dicetak dan dijilid menggunakan bahan tahan api, edisi The Handmaid's Tale dibuat agar benar-benar tidak dapat dibakar. Buku ini dirancang untuk melindungi kisah penting ini dan berdiri sebagai simbol yang kuat terhadap penyensoran," sambungnya.

Pada 2010, peringatan 25 tahun The Handmaid's Tale digelar. Novel ini menceritakan kisah tentang Offred (bukan nama sebenarnya) tapi nama yang diberikan oleh rezim baru di Amerika yang menindas masa depannya dan menjadikan sebagai Handmaid atau pelayan.

"Para Handmaid dipaksa untuk memberikan anak-anak dengan proxy untuk wanita tidak subur dari status sosial yang lebih tinggi atau istri Komandan. Mereka menjalani tes medis rutin, dan dalam banyak hal menjadi tidak terlihat, jumlah total bagian biologis mereka," katanya.

Menurut Asosiasi Perpustakaan Amerika, The Handmaid's Tale adalah salah satu buku yang paling sering ditentang atau dilarang di sekolah-sekolah AS.

Pada tahun 2006, dalam sebuah surat terbuka ke distrik sekolah yang berusaha untuk melarang buku tersebut.

The Handmaid's Tale diadaptasi ke serial televisi yang dibintangi oleh Elisabeth Moss. Novel sekuelnya The Testaments membawa sang novelis dalam penghargaan Man Booker karena memperjuangkan hak reproduksi dan hak perempuan.



Simak Video "Bantahan Dito Mahendra soal Tudingan Kirim Teror dan Bunga ke Nikita Mirzani"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)