Jakarta Siap Jadi Kota Buku Dunia

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 18 Mei 2022 18:30 WIB
Jakarta Siap Jadi Kota Buku Dunia
Foto: Istimewa/ Humas Pemprov DKI Jakarta
Jakarta -

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki industri penerbitan paling produktif di Asia Tenggara. Sejak satu dekade terakhir, Jakarta pun menjadi pusat literasi.

Sejak menjadi tamu kehormatan di acara Frankfurt Book Fair 2015, diikuti sebagai negara fokus di London Book Fair 2019. Indonesia pun kian eksis menjejakkan kakinya di industri buku internasional.

Chair Jakarta Book City, Laura Bangun Prinsloo, mengatakan sejak terpilih menjadi salah satu UNESCO City of Literature pada November 2021, Jakarta berkomitmen menjadikan buku sebagai hal penting.

"Hal ini juga tergambar dalam tema yang kami ambil di International Publishers Association Congress 2022. Reading Matters - Embracing The Future," katanya dalam keterangan yang diterima.

Sebagai tuan rumah dan mewakili lebih dari 2.000 penerbit di Indonesia, Ikatan Penerbit Indonesia atau IKAPI turut mensukseskan Kongres Asosiasi Penerbit Internasional ke-33 (IPA World Congress).

Ketua IKAPI, Arys Hilman, mengatakan Jakarta bakal menjadi tuan ruang bagi Kongres Asosiasi Penerbit Internasional ke-33 atau IPA World Congress.

"Kongres ini diharapkan sebagai ajang untuk bisa memberikan semangat, bertukar ide, dan membuka ruang kreatif pasca pandemi global yang terjadi di seluruh dunia," katanya.

"Melalui kongres ini, Jakarta bisa menjadi sebuah hub bagi kegiatan literasi, budaya, dan seni di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya," sambung Arys Hilman.

Karine Pansa Vice President IPA didampingi Secretary General IPA Jose Borghino, dan Director of Communication IPA, James Taylor, datang ke Jakarta untuk melihat kesiapan Jakarta.

"Kami tidak sabar untuk membawa komunitas dan para pelaku industri penerbitan dan perbukuan ke Jakarta. Bertepatan dengan perayaan Hari Buku Nasional ini, Jakarta telah menunjukkan sebagai sebuah kota buku yang cocok untuk penyelenggaraan kongres ini," katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza, menuturkan nantinya saat penyelenggaran Kongres IPA, hal terpenting yang dibahas adalah pembajakan buku.

"Di Indonesia, pembajakan buku ini sudah menjadi momok yang sangat meresahkan bagi industri buku dan penerbitan. Dengan hadirnya kongres ini, diharapkan para pelaku industri penerbitan dan perbukuan bisa bersatu padu dan membuat berbagai gerakan maupun kampanye untuk memerangi pembajakan buku," pungkasnya.



Simak Video "SM Entertainment Kenalkan Tiga Anggota Trainee Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)