Selamat! Kumcer Norman Erikson Menang Penghargaan Sastra Bergengsi di Inggris

Tia Astuti - detikHot
Minggu, 15 Mei 2022 11:43 WIB
Buku Kumcer Norman Erikson Pasaribu Dinominasikan di International Booker Prize 2022
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sastrawan Norman Erikson Pasaribu sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah sastra internasional. Salah satu karyanya yakni kumpulan cerpen atau kumcer Cerita-cerita Bahagia, Hampir Seluruhnya yang diterjemahkan oleh Tiffany Tsao memenangkan penghargaan sastra bergengsi di Inggris.

Kumcer berbahasa Inggris yang judulnya menjadi Happy Stories, Mostly terpilih sebagai pemenang penghargaan The Republic of Consciousness Prize 2022.

Kabar bahagia itu dibagikan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU).

"Takjub, terpukau, dan sangat bangga. HAPPY STORIES, MOSTLY edisi bahasa Inggris dari kumcer Cerita-cerita Bahagia, Hampir Seluruhnya karya Norman Erikson Pasaribu @keletropist @pasaribooks, diterjemahkan oleh Tiffany Tsao @tiffanytsao, dan diterbitkan oleh Tilted Axis Press @tiltedaxisbooks terpilih sebagai PEMENANG 🏆 The Republic of Consciousness Prize 2022," tulis penerbit GPU, seperti dilihat detikcom.

[Gambas:Instagram]

Republic of Consciousness Prize merupakan Hadiah Kesadaran Republik yang merupakan hadiah sastra Inggris tahunan yang didirikan oleh penulis Neil Griffiths. Penghargaan fiksi yang untuk buku-buku yang terbit di Inggris dan Irlandia itu berdiri sejak tahun 2017.

Buku Cerita-cerita Bahagia, Hampir Seluruhnya terdiri dari 12 cerpen yang mengajak pembacanya untuk menemukan bagaimana kisah-kisah lama ikut mengatur arah dan mekanisme kehidupan kita.

Berbagai kisah seperti cerita seorang ibu yang pergi ke Vietnam karena cerita-cerita yang ia temukan di Wikipedia, hingga tentang seorang mahasiswa rantau yang dihantui sebuah cerita pendek yang ia temukan di buletin komunitas gay di kotanya.

Dalam situs resmi Titled Axis, penulis Political Animals: The New Feminist Cinema, So Mayer, mengatakan buku kumcer ini merupakan simfoni pahit.

Sebelumnya, buku kumcer ini juga dinominasikan dalam penghargaan International Booker Prize 2022. Karyanya bersaing dengan 13 buku novelis dunia lainnya termasuk Nobel Sastra.



Simak Video "Sorak Sorai NCTzen Kala NCT Dream Bawakan 'Glitch Mode'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)